fbpx
Connect with us

Peristiwa

Sekeluarga Keracunan Ubi Gadung, Satu Diantaranya Meninggal Dunia

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Satu keluarga di Padukuhan Gading X, Kalurahan Gading. Kapanewon Playen keracunan ubi jenis Gadung, Rabu (12/08/2020). Akibat kejadian tersebut, satu orang dinyatakan meninggal dunia, sementara dua orang lainya mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi mengatakan, peristiwa tersebut bermula ketika Tukinah (60) memanen ubi jenis Gadung di pekarangan rumahnya. Setelah beberapa buah berhasil ia ambil, kemudian ia masak lalu dimakan bersama Sugirah (80) dan Miarjo (65) yang merupakan satu keluarga.

“Mereka menyantap gadung itu, tidak tahu kalau akan berakibat fatal,” kata Hajar, Rabu sore.

Selang beberapa jam kemudian, ada kerabat korban yang hendak mengajak anggota keluarganya itu untuk menjenguk orang sakit di rumah sakit. Namun ia justru mendapati 3 orang korban muntah-muntah.

Berita Lainnya  Langsung Tak Sadar Usai Tabrakan di Bundaran Siyono, Pemotor Akhirnya Meninggal Dunia

“Mereka sempat diberi susu untuk penawar. Tapi karena tidak ada tanda-tanda membaik kemudian di bawa ke Puskesmas,” lanjut Hajar.

Namun kondisi peralatan di Puskesmas tersebut ternyata kurang memadai untuk menangani para korban. Mereka pun kemudian dilarikan ke RS Nur Rohmah Playen.

“Sesampainya di rumah sakit, korban atas nama Sugirah meninggal dunia. Sedangkan dua lainya dalam perawatan,” terang Hajar.

“Menurut hasil diagnosa dr. Danang Arjuna Dananto, ketiga korban diduga karena Intoksinasi atau keracunan ubi jalar sejenis Gadung,” tutup AKP Hajar.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler