fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Selesai Cetak, Puluhan Ribu KIA Siap Dibagikan ke Masyarakat

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Kartu Identitas Anak (KIA) yang dicanangkan oleh Kementrian Dalam Negeri sudah mulai dicetak sejak September 2017 lalu dengan program uji coba nasional 50 Kabupaten / Kota se – Indonesia. Kabupaten Gunungkidul sendiri untuk tahun 2017 mendapatkan jatah 30.000 keping blanko KIA.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul, Eko Subiantoro mengatakan, antusiasme masyarakat Gunungkidul dalam mengajukan permohonan pembuatan KIA sangat tinggi. Dalam program uji coba yang baru berjalan selama beberapa bulan ini, sebanyak 20.000 blangko KIA sudah tercetak. Dipaparkan Eko, lantaran masih dalam tahapan uji coba, masyarakat masih belum wajib membuatkan KIA bagi putra maupun putrinya.

"Selama uji coba ini sebenarnya kita memprioritaskan pengajuan KIA melalui PAUD, TK, dan SD. Namun karena masyarakat juga sudah banyak yang melalui jalur mandiri ke Kecamatan ya kita bagi-bagi juga pencetakannya," ungkapnya.

Berita Lainnya  Diterapkan Mulai 1 April, Denda Administrasi dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Dihapus

Dikatakan lebih lanjut, melihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi ini, pihaknya pada tahun 2018 mendatang akan melakukan pengadaan blangko secara mandiri. Anggaran sebesar 1,7 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Gunungkidul telah dipersiapkan.

“Jangan sampai nantinya blangko kurang sehingga menghambat pencetakan KIA,” lanjut dia

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler