fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pujian Wamenkumham Untuk Kinerja Lapas Perempuan Wonosari

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) RI, Edward Omar Sharief Hiariej melakukan kunjungan ke beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II B Yogyakarta, LPKA Kelas IIA Yogyakarta dan Lapas Kelas II B Wonosari di Gunungkidul pada Kamis (17/02/2022) kemarin. Dalam kunjungannya tersebut, ia mengapresiasi proses pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di LPP Kelas IIB Yogyakarta.

Saat kunjungan di LPP Kelas IIB Yogyakarta, pria yang akrab disapa Eddy itu menyampaikan apresiasinya terhadap LPP Kelas IIB Yogyakarta dalam proses pembinaan WBP. Kondisi Lapas yang terlihat baik membuatnya kagum saat melakukan kunjungan. Dalam kunjungannya ia pun juga menyambangi, melakukan peninjauan proses pembinaan WBP di ruang bimbingan kerja dan berdialog dengan WBP tentang kondisi dan pemenuhan hak yang diberikan oleh petugas Lapas.

Berita Lainnya  Jokowi Larang Mudik, Dishub Gunungkidul Akan Bangun Pos Jaga di Perbatasan

“Baru kali ini saya jumpai Lapas yang sangat manusiawi selama menjabat sebagai Wamenkumham. Dengan situasi dan kondisi seperti ini, saya yakin tujuan sistem Pemsyarakatan bisa dicapai Lapas ini,” ungkap Eddy.

Lebih lanjut, Eddy menambahkan terdapat tiga hal yang harus dipastikan oleh petugas Lapas terhadap WBP. Ia menyampaikan ketika nantinya WBP telah kembali di masyarakat harus bisa diterima oleh lingkungannya, kemudian WBP yang telah kembali ke lingkungan masyarakat harus dipastikan tidak mengulang kembali perbuatannya yang mengarah ke tindak pidana ataupun kejahatan.

Hal inilah yang telah ia lihat prosesnya di dalam Lapas Klas IIB Yogyakarta di Gunungkidul ini. Tak hanya memberikan pelayanan yang baik, pihak Lapas juga memberikan bimbingan serta ketrampilan kepada warga binaan. Diharapkan dengan adanya hal semacam ini, para warga binaan nantinya bisa menjalani hidup yang baru usai bebas dari masa hukuman.

Berita Lainnya  Jadwal Peringatan Hari Jadi Gunungkidul ke-191, Dari Pameran UMKM, Hiburan, Hingga Kirab Budaya

“Harus dipastikan juga memberikan manfaat kepada masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan kunjungannya itu ia menyerahkan secara simbolis bantuan mesin jahit yang berasal dari Menteri PPPA. Selain itu ia juga melihat pembacaan puisi yang dibawakan oleh salah satu WBP, Marry Jane yang merupakan terpidana hukuman mati atas kasus penyelundupan narkoba.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler