fbpx
Connect with us

Info Ringan

Sepuluh Jenis Fobia Unik

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Fobia adalah sebuah ketakutan terhadap objek atau kondisi tertentu. Kata fobia berasal dari bahasa Yunani yaitu phobos yang artinya adalah ‘ketakutan’. Rasa takut yang bisa dikatakan fobia adalah rasa takut yang bisa memengaruhi diri bahkan mengganggu. Kejadian fobia yang dialami oleh seseorang pastinya dilatarbelakangi oleh sebuah sebab. Penyebab fobia pada setiap orang bisa berbeda. Biasanya, penyebab fobia muncul pada waktu kanak-kanak atau mendapatkan pengalaman buruk.

Secara umum, fobia terbagi menjadi dua, yaitu fobia sederhana dan fobia khusus. Jenis fobia yang pertama ini cukup banyak dialami oleh orang-orang. Banyak orang yang memiliki fobia sederhana seperti fobia serangga atau hewan tertentu. Ini memang termasuk fobia karena adanya ketakutan terhadap suatu objek atau kondisi tertentu. Akan tetapi, fobia seperti ini masih terbilang fobia sederhana karena mudah untuk dihindari dan tidak sampai di luar akal.

Jenis fobia selanjutnya adalah fobia khusus. Pada jenis fobia khusus ini, tipe objek atau kondisi tertentu yang ditakuti semakin spesifik. Tidak jarang, pada jenis fobia khusus ini, muncul rasa takut tingkat tinggi hingga memiliki reaksi yang di luar nalar. Ada macam-macam fobia khusus ini seperti agrofobia, yaitu jenis fobia yang takut keramaian, fobia sosial yang takut dengan kondisi sosial tertentu, dan fobia spesifik. Fobia spesifik ini biasanya termasuk jens fobia aneh dan langka. Mau tahu fobia apa saja yang dirasa cukup aneh tersebut? Dilansir dari Health.com, berikut ulasannya.

  1. Genuphobia
Berita Lainnya  Cara Mendeteksi Kebohongan Seseorang

Genuphobia adalah jenis fobia yang takut dengan lutut. Orang yang memiliki genuphobia takut dengan lututnya sendiri dan lutut orang lain. Biasanya, penyebab genu phobia adalah kejadian trauma pada lutut seperti cedera.

  1. Ablutophobia

Ablutophobia adalah ketakutan untuk mandi dan mencuci atau bersih-bersih. Entah jenis fobia yang satu ini cukup dipengaruhi oleh rasa malas atau tidak tetapi ablutofobia termasuk fobia aneh dan langka.

  1. Hippopotomonstrosesquippedaliophobia

Mungkin dari Anda merasa bingung dan bertanya apa itu fobia hippopotomonstrosesquippedaliophobia? Apakah Anda bisa menebak artinya fobia yang satu ini? Kontras dengan namanya yang panjang, hippopotomonstrosesquippedaliophobia adalah fobia dengan kata-kata panjang.

  1. Ephebiphobia

Orang yang memili ephebiphobia ini biasanya bukan seorang remaja. Ini dikarenakan ephebiphobia adalah jenis fobia yang takut dengan remaja. Fobia ini cukup terkait dengan kenakalan remaja yang sudah di luar kendali.

  1. Urophobia
Berita Lainnya  Enam Tips Mengeringkan Kasur Basah

Di dunia ini ternyata ada jenis fobia yang cukup menyiksa. Apa itu fobia yang dimaksud? Urophobia adalah fobia yang memiliki rasa takut untuk buang air kecil. Sebagai manusia, tentunya tidak bisa menghindar dari buang air kecil dan bagaimana jika Anda memiliki fobia ini.

  1. Emetophobia

Emetophobia adalah rasa takut muntah dan dimasukkan ke dalam fobia sosial. Penyebab emeto fobia adalah rasa malu jika muntah di depan orang lain. Jika orang dengan emetophobia ini melihat makanan tertentu maka rasa takut ini segera muncul.

  1. Somniphobia

Orang yang memiliki somniphobia ini sangat sulit tidur padahal mengantuk. Somniphobia adalah takut tertidur. Penyebab somni fobia adalah peristiwa traumatis yang pernah atau sering dialami ketika tertidur seperti merasa ketindihan saat tidur.

  1. Athazagoraphobia
Berita Lainnya  Tujuh Tips Menata Kamar Tidur Agar Lebih Rapi

Athazagoraphobia adalah jenis fobia yang sangat terkait dengan ingatan. Orang yang memiliki athazagora fobia adalah orang-orang yang pernah amnesia atau ada orang terdekatnya yang terkena amnesia.

  1. Ombrophobia

Orang-orang yang memiliki fobia jenis ombrophobia sangat takut ketika musim hujan tiba. Ya, ombrophobia adalah takut hujan dan termasuk ke dalam fobia alam. Ada beberapa jenis fobia serupa seperti lilapsophobia (takut badai), chionophobia (takut salju), ancraophobia (takut angin), dan lainnya.

  1. Ergophobia

Jika Anda ingin menjadi orang sukses maka Anda dilarang memiliki fobia ini karena ergophobia adalah takut bekerja. Ergofobia biasanya dikarenakan pernah dan sering merasakan ketidaknyamanan yang traumatis di tempat kerja.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler