fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Siapkan Dua Pos Penyekatan, Pemudik Luar DIY Harus Putar Balik

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Jajaran Kepolisian Resor Gunungkidul saat ini tengah mempersiapkan pos penyekatan untuk menghalau para pendatang selama masa pelarangan mudik pada 6 hingga 17 Mei mendatang. Adapun penyekatan sendiri dilakukan di dua tempat yakni Pos Hargodumilah dan Pos Bedoyo.

Kabagops Polres Gunungkidul, Kompol Sunarto mengatakan, secara teknis anggota yang berada di pos penyekatan akan melakukan pemeriksaan bagi kendaraan yang melintas. Adapun yang akan diperiksa antara lain bagi kendaraan plat luar wilayah Jogja Raya adalah surat-surat bebas rapid antigen yang berlaku satu hari, surat izin melintas dan lain sebagainya.

“Untuk plat Jogja, kami akan melalukan cek KTP apakah penumpang merupakan warga DIY,” kata Sunarto, Jumat (30/04/2021).

Sunarto menambahkan, pihaknya juga secara tegas akan melakukan putar balik kendaraan dan pengemudi yang merupakan bukan warga DIY. Kecuali bagi mereka yang memiliki alasan mendesak misalnya perjalanan dinas, dan juga syarat yang ditentukan pemerintah pusat.

“Tak terkecuali kendaraan yang membawa barang, akan kami cek juga ini untuk mengantisipasi pemudik gelap,” ujarnya.

Adapun penyekatan sendiri dilakukan secara terjadwal, dengan berkoordinasi pos penyekatan di DIY. Sehingga nantinya penyekatan ini diharapkan bisa maksimal.

“Kalau pantauan 24 jam gak mungkin ya, personil kami sangat terbatas, tapi yang jelas kami sudah memprediksi lonjakan pemudik dari Jabodetabek sampai di sini pukul berapa saja,” papar Sunarto.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus menjelaskan, untuk mencegah penumpukkan kendaraan di saat penyekatan ia akan menggunakan metode pelambatan lalu lintas di titik seperti pos Hargodumilah. Ia akan menerjunkan anggotanya agar tidak terhjadi kepadatan lalu lintas.

“Termasuk nanti di sektor wisata pantai kami gunakan mekanisme pengalihan arus agar satu jalur,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler