fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Masih Ada Catatan, Kabupaten Gunungkidul Kembali Terima Predikat Opini WTP

Published

on

Yogyakarta,(pidjar.com)–Kabupaten Gunungkidul berhasil mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun 2020. Ini merupakan kali keenam Pemkab Gunungkidul mendapat predikat WTP dan menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi Bumi Handayani.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Daerah ini dilakikan di gedung BPK pada Jumat (30/04/2021). Diterima langsung oleh Bupati Gunungkidul dan Wakil Ketua DPRD Gunungkidul.

Pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Bukan merupakan jaminan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh pemerintah sudah terbebas dari penyimpangan atau tindakan kecurangan lainnya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Saptoyo mengatakan penerimaan WTP ini merupakan yang ke enam kalinya secara berturut-turut. Berkaitan dengan hasilnya, ada beberapa catatan dari BPK yang segera harus ditindak lanjuti dalam waktu 60 hari setelah penerimanan.

“Masih ada catatan seperti misalnya optimalisasi pengendalian internal,” kata Saptoyo.

Menurutnya, Opini WTP ini sudah komprehensif terhadap penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Kab Gunungkidul. Semua daerah dan Lembaga yanh mendapat opini WTP, tentu ada catatan-catatan tetapi masih pada ambang batas wajar dan tidak material.

Dengan diterimanya WTP keenam, akan menjadi momentum untuk lebih mendorong perbaikan pengelolaan keuangan daerah dengan menjalankan dan menerapkan praktik pengelolaan keuangan yang baik.

Hasil capaian pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Gunungkidul mencapai 94,3 % yang artinya jauh di atas rata dan tertinggi di DIY dan berharap dapat di pertahankan dan mampu mencapai 100 %.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan dengan diberikan predikat sangat bersyukur. Berkaitan dengan rekomendasi atau catatan yang turun tersebut, dirinya bersama OPD terkait akan segera melakukan perbaikan sesuai dengan arahan yang ada.

“Kami akan merespon cepat, harapannya tidak sampai 2 bulan kita selesai perbaikan. Bagian yang penting diantaranya program pendidikan dan lainnya,” ujar Bupati.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler