fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Tahun Ini Dinas Kebudayaan Bakal Luncurkan Buku Sejarah Desa Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul berencana membuat buku sejarah berdirinya desa di Kabupaten Gunungkidul. Buku yang nantinya akan diberi judul Sejarah Adeging Desa itu bakal ditulis menggunakan bahasa jawa.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Agus Kamtono mengatakan, untuk tahap pertama pada tahun ini pihaknya akan mengambil 25 desa yang ada di Gunungkidul untuk dilakukan pengkajian. Saat ini tahapan yang dilalui ialah pengambilan sejumlah data dari desa-desa yang akan ditulis.

"Pertama kita tulis 25 desa dulu. Nanti berkelanjutan hingga semuanya," kata Agus, Selasa (31/01/2018).

Nantinya, buku tersebut berisi tentang asal usul berdirinya masing-masing desa yang ada di Gunungkidul. Selain itu, adat istiadat dan tradisi juga akan dipaparkan di dalam buku.

"Asal usul itu penting, nantinya kita akan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait sejarah desa itu. Sebab zaman dulu berdirinya sebuah desa tidaklah mudah," imbuh Agus.

Berita Lainnya  Puluhan Kalurahan Akan Terima Gelontoran Dana Ratusan Juta dari BKK

Selain untuk memberikan edukasi, pembuatan buku merupakan salah satu program Dinas Kebudayaan untuk terus menjaga adat dan tradisi yang ada. Sebab di Gunungkidul sendiri banyak desa yang sudah ditetapkan sebagai desa budaya.

"Ini bagian dari tugas kami untuk melestarikan budaya yang ada di Gunungkidul," pungkas Agus.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler