fbpx
Connect with us

Sosial

Tambahan 2 Kasus Anyar Merupakan Tetangga Pasien Positif Sebelumnya, Dinas Perketat Tracing

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kesehatan Gunungkidul menyebut dua orang yang diketahui positif Covid-19 merupakan tetangga dari pasien positif asal Kecamatan Wonosari. Mereka merupakan pria berusia 50 tahun dan perempuan berusia 73 tahun. Petugas sendiri saat ini masih terus melakukan tracking untuk mengetahui interaksi atau kontak yang dilakukan oleh kedua pasien positif tersebut sebelumnya. Nantinya, juga akan dilakukan rapid tes kepada mereka yang diketahui melakukan kontak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty menuturkan, dua pasien positif telah dijemput ke RSUD Wonosari pada Selasa (21/04/2020) sore kemarin. Mereka saat dijemput dalam keadaan baik dan tidak terdapat keluhan.

“Sudah dijemput kemarin sore. Ini kasus Orang Tanpa Gejala (OTG),” terang Dewi, Rabu (22/04/2020).

Lantaran kasus OTG, pihaknya akan lebih telilti dalam melakukan tracking. Sebab dimungkinkan, keduanya sempat melakukan interaksi atau bahkan kontak dengan beberapa orang meski sebelumnya telah diperintahkan untuk melakukan isolasi madiri.

“Untungnya mereka sudah terdeteksi sebelumnya, kita sudah arahkan untuk isolasi mandiri. Akan tetapi kita tetap akan lakukan tracking,” ucap Dewi.

Lebih lanjut dikatakannya, kepada orang-orang yang melakukan interaksi dengan pasien positif akan dilakukan rapid tes. Namun begitu, hasil rapid tes yang dilakukan ini menurut Dewi belum 100 persen akurat.

Berita Lainnya  Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Bagi-bagi Buku

“Seperti kemarin ada sejumlah kasus positif rapid tes tapi yang positif covid-19 hanya 2 orang. Jadi rapid tes itu positif belum tentu corona dan negatif juga belum tentu tidak corona. Kita menunggu hasil swab untuk pastinya,” imbuh dia.

Sementara itu, Direktur RSUD Wonosari, Heru Sulistiyowati menuturkan, saat ini ada 3 orang positif corona yang masih dirawat di RSUD Wonosari. Ketiga pasien itu terdiri dari 1 kasus awal dan 2 tambahan baru yang datang pada kemarin sore.

“Yang lama itu sudah swab lagi, hasilnya sudah negatif, tapi perlu dua kali swab untuk menyatakan sembuh,” imbuh dia.

Pihak RSUD Wonosari saat ini juga terus melakukan penambahan ruang isolasi untuk pasien covid-19. Selain untuk pasien dewasa, juga telah disiapkan ruang isolasi untuk anak-anak.

Berita Lainnya  Sholat Ied Berjamaah di Gedangrejo, Panitia Terapkan Protokol Ketat

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler