fbpx
Connect with us

Sosial

Teknologi Cold Storage Diklaim Mampu Tingkatkan Harga Jual Tangkapan Nelayan

Diterbitkan

pada tanggal

Girisubo,(pidjar.com)–Teknologi di cold storage atau rumah pendinginan diklaim mampu meningkatkan harga jual hasil tangkapan laut para nelayan. Pasalnya, hasil laut dapat disimpan dan dapat dijual ketika harga ikan melambung.

Seperti cold storage Inka Projomino di kawasan Pelabuhan Sadeng, Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo yang baru selesai dibangun pada April 2019 ini. Dengan fasilitas tersebut, maka kualitas ikan dapat terjaga karena tidak harus dijual usai penangkapan sehingga anjloknya harga bisa diantisipasi.

“Untuk saat ini, fasilitas pendinginan dan pembekuan mulai dioperasionalkan meski masih dalam tahap yang sederhana,” ujar Divisi Cold Storage Inka Projomino, Fakhrudin Alrosy, Sabtu (24/08/2019).

Ia menjelaskan, keberadaan rumah pendinginan dapat membantu nelayan menjaga harga jual dan kualitas ikan yang ditangkap. Selama ini para nelayan banyak menjual ikan dalam kondisi segar.

Berita Lainnya  Puluhan Ribu Data Kependudukan Warga Gunungkidul Masih Berstatus Data Anomali

“Ikan dalam kondisi bagus, segar. Tetapi kalau pas panen harga cenderung jatuh karena stok melimpah. Adanya rumah pendingin ini jadi solusi,” terang dia.

Lebih lanjut dikatakam, dengan proses pendinginan dan pembekuan, maka ikan yang ditangkap tidak harus langsung dijual. Sedang dari sisi kualitas ikan yang didapatkan juga tetap terjaga karena sudah melalui proses pembekuan.

“Kita juga sedang menjajaki potensi ekspor ikan layur, kebetulan ada yang mau memberikan jalan untuk pasar di luar negeri,” imbuhnya.

 

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler