fbpx
Connect with us

Pariwisata

Tersembunyi di Pesisir Saptosari, Pantai Njanganan Jadi Spot Mancing dengan Medan Ekstrim

Diterbitkan

pada tanggal

Saptosari,(pidjar.com)–Pantai di Gunungkidul terkenal sebagai lokasi wisata dengan keindahan pasir pantai putihnya. Namun terlepas dari itu, pesisir selatan juga menjadi spot bagi para pecinta rock fihsing. Dari puluhan spot yang ada, terdapat satu lokasi yang kerap dikenal sebagai Pantai Njanganan. Meski dihuni berbagai jenis ikan, namun lokasinya terbilang cukup ekstrim.

Keberadaan Pantai Njanganan sendiri lebih banyak dikenal bagi para pemancing daripada para wisatawan. Pasalnya, pantai tersebut merupakan salah satu obyek wisata pantai yang memiliki spot memancing sangat strategis dan banyak dijumpai ikan-ikan besar. Untuk keindahan alam sendiri, Pantai Njanganan tidak kalah mempesona dibanding dengan pantai berpasir putih.

Angin yang berhembus kencang dengan tumbuhan pandan laut di sekitar tebing memberikan suasana sejuk ditengah teriknya panas matahari dikala siang hari tiba. Adanya tumbuhan ini sekaligus bisa menjadi alternatif bagi yang ingin berteduh.

Pemandangan samudra luas dengan laut yang dalam di bawahnya menjadi ciri khas dari pantai tebing ini. Ombak besar yang silih berganti menerjang tebing membuat pantai ini menjadi salah satu pantai yang cukup berbahaya.

Di sebuah sudut mata, pengunjung dapat melihat bagian tebing Pantai Njanganan yang telah tergerus ombak laut, menghasilkan sebuah celah setapak menuju dasar tebing. Spot ini sering digunakan nelayan untuk memasang jaring, menangkap lobster yang suka tinggal di area karang di dasar tebing. Dari warna airnya yang biru, terlihat jelas bila tebing Pantai Njanganan langsung berhadapan dengan laut lepas yang dalam.

Berita Lainnya  Belasan Ribu Wisatawan Masuk Gunungkidul Hari Ini, Nglanggeran dan Kawasan Pantai Jadi Pilihan

Keselamatan sendiri menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan untuk berkunjung ke pantai itu. Akses untuk menuju ke Pantai Njanganan sendiri hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki melalui jalan setapak, persawahan, dan perbukitan.

Selama perjalanan belum ada papan petunjuk, sehingga menyulitkan pengunjung yang datang. Apalagi pengunjung yang baru pertama kali datang. Untuk fasilitas, di pantai ini belum ada fasilitas untuk menunjang wisata.

Salah seorang pemancing asal Paliyan, Rudi mengatakan, pantai tersebut memang hanya memiliki secuil pasir putih. Di sekitarnya hanya ada tebing cukup tinggi yang pas untuk dijadikan lokasi memancing tebing atau rock fishing.

“Pernah ada yang dapat besar di sini, berbagai jenis ikan ada, seperti kakap, GT dan oleng-oleng,” kata Rudi, Sabtu (03/08/2019).

Ia menjelaskan, tantangan terbesar di lokasi itu adalah menjaga diri dari risiko terjatuh ke laut. Pasalnya, seperti di spot memancing lainnya, disekitar tebing tidak memiliki pagar pembatas.

Berita Lainnya  Beri Kenyamanan Wisatawan, Pemerintah Akan Tertibkan Papan Petunjuk Arah ke Goa Pindul Liar Yang Menyesatkan

“Harus ekstra berhati-hati karena cukup ekstrem,” ucapnya.

Perlu diketahui, untuk mencapai Pantai Njanganan sendiri, pengunjung dapat memilih jalur menuju Desa Krambilsawit. Sesampainya di balai desa, kemudian mengambil arah Pantai Ngedan. Kemudian dari situ pengunjung harus berjalan kaki menuju spot. Disarankan, jika baru pertama kali berkunjung mengajak rekan yang sudah hafal medan.

 

 

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler