fbpx
Connect with us

Pariwisata

Tingginya Harga Tiket Pesawat Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)– Tingginya harga tiket peswat mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke daerah tujuan wisata. Namun demikian, hal tersebut tidak begitu berpengaruh pada kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gunungkidul. Hal ini karena wisatawan mayoritas menggunakan jalur darat untuk menuju Bumi Handayani, sedangkan yang menggunakan transportasi udara jumlahnya hanya kecil.

Kepala Dinas Parieisata Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian mengatakan, tingginya harga tiket pesawat yang dikeluhan banyak orang nyatanya tidak berdampak signifikan pada tingkat kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul. Sebab rerata pengunjung menggunakan alat transportasi darat seperti mobil pribadi, elf, maupun bus pariwisata. Pihaknya belum bisa merinci mengenai berapa wisatawan dari luar yang datang ke DIY menggunakan pesawat dan kemudian berkunjung ke Gunungkidul.

Berita Lainnya  Kembali Dibuka Pasca Amukan Lebah, Tingkat Kunjungan ke Gunung Api Purba Nglanggeran Berangsur Normal

“Ada pengaruh tapi hanya sedikit sekali. Kami pun belum bisa merinci secara persis berapa persen dampak yang terjadi akibat tiket pesawat mahal terhadap kunjungan wisatawan,” ucap glArif Aldian.

Ia menjelaskan sejauh ini kunjungan wisatawan masih lumayan tinggi, setiap hari dan akhir pekan wisatawan masih hilir mudik memasuki kawasan wisata khususnya pantai. Pengamatan yang dilakukan, untuk wisatawan sendiri mayoritas berasal dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan sekitarnya. Dimana dapat diakses dengan kendaraan pribadi dengan biaya yang relatif murah.

“Rombongan keluarga, anak sekolah dan lainnya masuk melalui jalur darat. Saat ini akses darat di beberapa daerah juga mudah dan efisien,” jelasnya.

Berita Lainnya  Dorong Semua Pelaku Wisata Jalani Vaksin, Dinpar: Supaya Saat Dibuka Bisa Segera Beraktifitas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno saat berkunjung ke Pantai Indrayanti juga menyoroti tentang mahalnya tiket pesawat yang berdampak pada kunjungan wisatawan di sejumlah daerah. Adapun pemerintah akan berupaya untuk menurunkan harga tiket maupun memaksimalkan paket wisata sehingga membantu menurunkan beban biaya perjalanan wisatawan.

“Semoga kedepan tiket pesawat bisa kembali turun, di tingkat pusat tengah diupayakan pembahasan dan solusi. Gunungkidul ini luar biasa potensinya, bisa menjadi tujuan wisata yang irit biaya bagi wisatawan,” ucap Sandiaga Uno.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler