fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Tingkatkan Layanan, Belasan Obyek Wisata di Gunungkidul Terkoneksi Internet

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Dinas Informasi dan Telekomunikasi memastikan layanan jaringan internet sudah menyasar belasan lokasi destinasi wisata di Gunungkidul. Harapannya, para wisatawan tak lagi kesulitan dalam mengakses internet saat berwisata.

Kepala Bidang Layanan Informatika, Diskominfo Gunungkidul, Setiyo mengatakan, terdapat 12 lokasi wisata yang tersambung jaringan telekomunikasi. Dari jumlah tersebut antara lain wisata pegunungan, goa, sungai serta pantai.

“Jaringan ini telah disediakan di TPR Baron, TPR JJLS. Dua titik ini mengelola puluhan pantai pada sepanjang garis pantai di pesisir selatan,” kata Setiyo, Senin (14/09/2020).

Selain dua lokasi di sekitar pantai, ia menyebut jaringan telekomunikasi ini juga sudah dipasang di puncak Embung Batara Sriten, Kampung 7, Desa Wisata Nglanggeran bahkan wisata minat Khusus Kalisuci. Dikatakan Setiyo, pemasangan jaringan ini senada dengan langkah Dinas Pariwisata dalam menerapkan sistem e-ticketing retribusi di lokasi wisata.

Berita Lainnya  Hasil Seleksi Administrasi Rekruitmen CPNS Diumumkan, Ratusan Pendaftar Yang Tak Lolos Bisa Ajukan Sanggahan

“Pemasangan jaringan ini tergantung permintaan dari Dinas Pariwisata,” kata dia.

Kedepan, jika Dinpar berkoordinasi untuk mengajukan permohonan jaringan, pihaknya akan segera mengeksekusinya. Artinya pemasangan sendiri bergantung pada permintaan.

“Untuk permintaan disesuaikan dengan kebutuhan lapangan,” ujar Setiyo.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan program penerapan e ticketing. Adapun pembayaran retribusi sendiri menggunakan sistem cashless atau pembayaran non tunai.

“Kami sudah bekerjasama dengan BPD DIY, untuk mewujudkan program cashless, terutama saat era new normal,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler