fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Tingkatkan Pertumbuhan, Pemerintah Targetkan IB Sasar Puluhan Ribu Ekor Sapi

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah melalui Kementerian Pertanian memiliki program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) sebagai upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan populasi dan peningkatan produksi ternak sapi dan kerbau dalam negeri. Harapannya program tersebut bisa menjadi pemacu untuk mewujudkan peningkatan populasi dan kualitas ternak.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Suseno mengatakan, salah satu kegiatan untuk mensukseskan program kementan tersebut adalah dengan dilakukannya inseminasi buatan (IB) sapi. Tahun 2021 ini pemerintah menargetkan ada 35.000 ekor sapi yang dilakukan suntik IB.

“Tahun ini kita tergetkan untuk kelahiran sebanyak 19.600 ekor anakan sapi,” terang Suseno.

Menurutnya selama ini untuk IB sudah berjalan dengan baik. Dimana biasanya dari jumlah yang ditargetkan sudah terlaksana semuanya. Namun kemudian berkaitan dengan angka kelahiran, sebenarnya dilakukan pemantauan terus. Tetapi terkadang, tidak terlaporkan ke dinas.

“Programnya ini sangat membantu peternak Gunungkidul untuk meningkatkan populasi,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan tahun 2020 lalu populasi ternak di Gunungkidul mencapai 154.423 ekor jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan target yang telah ditentukan oleh pemerintah sekitar 153.000 ekor sapi. Untuk itu, tahun ini diharapkan populasi ternak juga meningkat seiring dengan program Sikomandan yang diterapkan.

Berita Lainnya  Tak Diturunkan, Target Pajak Pertambangan Tahun Ini Tetap Dipatok 1,8 Miliar

Dari sisi kualitas pemerintah juga berusaha mendorong peternak untuk lebih memperhatikan asupan gizi, sehingga ternak yang dihasilkan berkualitas baik.

“Ternak kita khususnya sapi sangat diminati oleh daerah lain karena kadar air dan lemaknya rendah. Dari sisi pakan juga sangat diperhatikan,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler