fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Merawat Batik

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Batik merupakan salah satu item yang pasti dimiliki setiap masyarakat Indonesia, termasuk Anda bukan? Sebagai orang Indonesia tentu Anda harus bangga mengenakan busana batik. Apalagi UNESCO juga telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui dunia. Untuk itu, merawat batik agar tetap awet dan bagus saat dikenakan jadi salah satu hal yang harus diperhatikan, lho! Jika masih bingung cara merawat batik yang efektif, berikut caranya!

  1. Saat pertama kali dicuci, usahakan cuci dengan menggunakan tangan. Ini berfungsi untuk menghindari warna batik jadi luntur atau mengalami kerusakan.
  2. ika pada pakaian batik Anda ada bekas noda yang tidak terlalu serius, Anda cukup rendam dengan air hangat tanpa harus mencucinya. Secara otomatis noda tersebut akan hilang sendirinya.
  3. Gunakan putaran normal dengan mesin cuci saat mencuci baju batik. Namun, untuk jenis batik tulis dan batik cap, alangkah baiknya agar dilakukan secara manual menggunakan tangan.
Berita Lainnya  Manfaat AHA sebagai Perawat  Kecantikan Kulit Wajah

  1. Pisahkan baju batik dengan baju berbahan dasar lainnya. Ini berguna untuk menghindari warna batik jadi luntur akibat terkontaminasi dari baju lainnya. Hal lain yang harus diperhatikan adalah mengelompokkan batik yang sewarna dalam satu wadah.
  2. Hindari menggunakan deterjen, karena zat kimianya yang kuat akan merusak dan membuat warna batik cepat memudar. Lebih baik gunakan shampookarena kandungan kimianya lebih ringan dan membuat batik jadi lebih lembut.
  3. Setelah dibilas, usahakan untuk tidak memeras kain batikkarena akan membuat warna jadi luntur.
  4. Jemur pakaian di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  5. Hindari menggunakan pewangi pakaian, jika ingin menggunakannya Anda harus menutup terlebih dahulu dengan kain berbahan tipis, lalu semprotkan.
  6. Jangan menyetrika batik secara langsung. Jika tampak kusut, Anda bisa semprotkan sedikit air biasa kemudian tutupi dengan kain lembut sebelum disetrika.
  7. Simpan batik di dalam plastik, ini berfungsi agar melindungi batik dari binatang ngengat. Jangan menggunakan kapur barus, karena zat padat ini hanya akan membuat batik Anda jadi cepat rusak.
Berita Lainnya  Lima Inspirasi Beranda Pada Rumah Mungil

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler