fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Fakta Bendera Merah Putih

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Bendera merah putih menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan Indonesia. Tidak hanya pahlawan terdahulu, pahlawan Indonesia di era modern juga kerap mengibarkan merah putih di luar negeri. dLalu apa saja fakta tersembunyi di balik bendera merah putih? Dilansir dari cosmopolitanfm.com, intip   fakta berikut ini yuk!

Nama Bendera Merah Putih
Bendara merah putih ternyata memiliki tiga nama dengan arti dan penggunaan yang berbeda, yakni ‘Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih’ , ‘Sang Merah Putih/ Sang Dwiwarna’, dan ‘Merah Putih’

Asal warna Bendera Merah Putih
Warna dari bendera merah putih terinspiras dari warna Kerajaan Majapahit.

Undang-undang khusus
Terdapat undang-undang khusus untuk mengatur pembuatan dan pengibaran bendera merah putih, yaitu Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009.

Arti bendera Merah Putih
Makna filosofis bendera merah putih adalah merah yang berarti keberanian, putih yang berarti kesucian. Merah juga melambangkan raga manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia.

Berita Lainnya  Lima Camilan Sehat Untuk Diet

Pengibaran bendera Merah Putih
Bendera merah putih wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kain dari Jepang
Fatmawati menjahit bendera merah putih dari kain hasil pemberian Jepang. Dilansir dari laman Historia.id yang mengutip buku Catatan Kecil Bersama Bung Karno, Volume 1, yang terbit tahun 1978, Fatmawati mengungkapkan perwira Jepang membawa kain dua blok berwarna merah dan putih. Kemungkinan kain itu berasal dari kantor Jawa Hokokai.

Penggunaan Bendera Merah Putih
Bendera merah putih juga biasa digunakan sebagai penutup peti jenazah orang-orang penting seperti Presiden, Wakil Presiden, mantan Presiden dan mantan Wakil presiden, serta pejabat penting lainnya.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler