fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Penyebab Nyeri pada Kepala

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Nyeri  kepala itu normal. Kondisi ini menunjukkan bahwa ada yang salah. Bisa jadi suatu hal simpel dan mudah diatasi atau bisa jadi tanda suatu hal lain terjadi di dalam tubuh berikut ini beberapa penyebab Anda merasakan nyeri pada kepala.

Dehidrasi atau kepanasan
Kepanasan, berada di dalam pesawat jarak jauh, berolahraga terlalu keras, atau terlalu sibuk hingga lupa makan dan minum, merupakan alasan-alasan mengapa kamu bisa nyeri pada kepala. Umumnya, kepala terasa berputar, maka dari itu pertolongan pertama adalah minum air putih atau segelas teh manis (untuk menambah kadar gula). Dr Moore menyarankan juga untuk berbaring selama beberapa menit dan pastikan beritahu seseorang bahwa kamu pusing.

Stroke
Nyeri pada kepala bisa jadi salah satu gejala pertama dari stroke, namun jika terjadinya mendadak disertai rasa lumpuh di salah satu sisi tubuh, kesulitan bergerak, nyeri pada kepala parah atau sulit berbicara maka harus dibutuhkan penanganan segera. Stroke bisa disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di otak (hemoragik) atau karena penyumbatan pembuluh darah (iskemik).

Berita Lainnya  Tujuh Makanan Pemicu Alergi Pada Balita

Anemia
Rendahnya kadar zat besi dalam tubuh dikenal dengan istilah anemia dan gejala yang paling sering muncul dan kita kenali adalah lesu dan lemah, ditambah nyeri pada kepala. Suplemen penambah darah biasanya diresepkan untuk meningkatkan kadar darah. Setelah mengonsumsinya, biasanya gejala-gejala tersebut akan hilang.

Penyakit Meniere’s
Penyakit yang mengganggu telinga bagian dalam ini biasanya menyerang orang pada rentang usia 40-50 tahun. Gejala yang ditimbulkan biasanya nyeri pada kepala atau vertigo, terkadang tinnitus (suara melengking di telinga), kehilangan pendengaran atau merasa tekanan dan nyeri di telinga serta mual dan muntah. Penyebabnya belum diketahui, namun para ahli berspekulasi adanya jumlah cairan tak normal di telinga bagian dalam. Penyakit Meniere’s belum ditemukan obatnya, namun biasanya akan diberikan berbagai obat-obatan untuk mengurangi gejalanya dan juga disarankan melakukan olahraga dan tidur yang cukup.

Berita Lainnya  Sajian Iftar Rempah Noesantara Artotel Suites Bianti Siapkan Stock Daging 2 Ton

Hipoglikemia
Hipoglikemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan gula, dan gejala utamanya adalah nyeri pada kepala. Selain itu biasanya disertai keringat dingin, gemetar dan rasa sangat tidak nyaman. Tekanan darah bisa turun hingga menyebabkan pingsan, imbuh Dr Moore. Hipoglikemia lebih berisiko apabila terjadi pada pengidap diabetes. Atasi dengan meminum minuman manis atau makanan dengan karbohidrat kompleks seperti oatmeal. Jika kamu adalah pengidap diabetes tipe 2, kamu bisa membawa permen di kantungmu untuk dikonsumsi sewaktu-waktu dengan kadar gula yang tak terlalu tinggi. Hipoglikemia bisa menyebabkan kerusakan otak permanen apabila tak segera ditangani.

Tekanan darah rendah
Tekanan darah disebut rendah apabila berada di bawah angka 100/60. Tekanan darah yang rendah umumnya menyebabkan rasa nyeri pada kepala. Tergantung apa alasan yang menyebabkan tekanan darah rendah, kondisi ini bisa diatasi. Misalnya dengan mengonsumsi garam atau minum lebih banyak air untuk menambah cairan yang akan meningkatkan volume darah, atau dengan obat-obatan tertentu.

Berita Lainnya  Lima Bahaya Kecoa Masuk dalam Rumah

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler