fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Makanan Baik untuk Kesehatan Kulit

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Apa yang Anda makan akan sangat berpengaruh pada kesehatan Anda. Kesehatan tidak melulu tentang apa yang ada di dalam tubuh, tapi juga berpengaruh dengan bagian terluar tubuh yakni, kulit. Karena itu, menjaga pola makan akan sangat membantu memperbaiki kondisi kulit. Bahkan, skincare berharga jutaan-pun akan jadi percuma bila Anda tidak menjaga pola makan, karena sebenarnya, masalahnya berasal dari dalam tubuh Anda sendiri. Namun, tidak sembarang makanan juga yang bisa dimakan. Makanan yang berminyak dan mengandung kolesterol tinggi tentu saja gak baik buat kulit. Nah, kali ini bacaterus akan ngasih tahu Anda, makanan-makanan apa saja yang bisa membantu Anda memperbaiki kulit. Bahan makanan ini sangat mudah dicari di pasaran dan juga murah meriah lho. Yuk disimak!

Tomat

Buah yang biasanya ada di campuran tumisan, sambel, dan sayur ini mudah sekali didapatkan. Hampir semua pasar dan supermarket menjual tomat. Anda bahkan bisa menanam buah ini sendiri di rumah dengan mudah. Kalau Anda bukan penyuka tomat, mulai sekarang coba biasakan mengonsumsi tomat karena buah ini mengandung banyak vitamin yang baik untuk kulit. Tomat merupakan sumber vitamin C yang baik. Di dalam tomat juga terkandung Carotenoid yang terdiri dari lycopene, beta-carotene, dan juga lutein yang baik untuk menangkal penuaan. Namun, carotenoid ini membutuhkan lemak untuk bisa terserap dengan baik oleh tubuh. Karena itu, untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi tomat dibarengi dengan keju ataupun olive oil.

Jeruk

Berita Lainnya  Lima Bahan Masker Pelembab Wajah agar Tampil Cantik di Hari Raya

Sama hal nya dengan tomat, jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C adalah vitamin yang membentuk collagen, yakni  zat yang membuat tekstur kulit kenyal dan elastis.  Karena itu, dengan rutin mengonsumsi jeruk, bukan tidak mungkin kulit Anda akan selalu sehat, muda, dan jauh dari penuaan.

Pepaya

Buah yang berbiji hitam kecil-kecil dan berdaging oranye ini memiliki rasa yang manis. Kalau Anda sudah pernah mencobanya, Anda pasti akan menyadari buah pepaya ini memiliki serat. Serat atau fiber itu tidak hanya dapat melancarkan pencernaan, tapi ternyata juga dapat membuat wajahmu glowing, lho! Selain itu, vitamin dan mineral yang juga terkandung di dalam papaya bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Tak hanya enak dimakan, papaya juga bisa Anda jadikan masker. Masker ini akan membantu mencerahkan wajah.

Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, sedangkan radikal bebas ini bisa berasal dari sinar matahari. Jadi, mengonsumsi teh hijau di pagi hari, dapat membantu menjauhkan kulit Anda dari efek buruk sinar matahari. Sekarang ini banyak sekali makanan dan minuman dengan bahan dasar Teh hijau atau matcha. Namun konsumsi teh paling mudah dan murah adalah dengan menyeduh teh hijau celup. Selain mudah didapat di pasaran dan harganya murah, manfaatnya juga sangat besar buat kulit Anda. Yuk ganti kopi dengan teh!

Ubi

Memiliki nama lain ‘sweet potato’, ubi memang masih satu keluarga dengan kentang. Biasanya, ubi memang lebih populer di kalangan orang tua. Namun Anda harus coba untuk mulai mengonsumsi ubi dari sekarang. Pasalnya, ubi kaya akan vitamin A khususnya carotenoid. Carotenoid dalam tubuh berperan sebagai ‘sunblock’ alami yang menjaga kulit dari sengatan matahari. Bila kulit terlindungi, otomatis kulit Anda akan lebih sehat dan jauh dari penuaan. Hmmm gak heran ya banyak orang tua yang doyan makan ubi.

Berita Lainnya  Mitos Tentang Kesehatan Si Kecil yang Salah Kaprah

Tahu dan Tempe

Tahu dan Tempe mungkin dikenal sebagai lauk pauk segala umat. Bahan makanan ini bisa Anda temui di semua pasar tradisional manapun. Harganya pun sangat murah. Kacang kedelai yang menjadi bahan baku utama makanan inilah yang memiliki khasiat besar untuk kulit. Kacang kedelai mengandung isoflavon yakni protein yang dapat memperbaiki elastisitas kulit. Selain itu, kacang kedelai juga dapat membantu menambah kolagen di kulit sehingga kulit lebih kenyal dan halus. Bahagia banget kan, dengan makan tahu tempe saja kulit Anda bisa jadi sehat!

Telur

Bahan makanan yang mungkin selalu ada di kulkasmu ini merupakan sumber protein yang baik. Protein di dalam telur berfungsi membantu memperbaiki sel kulit. Kandungan biotin dan vitamin di dalam telur juga membantu pembentukan kolagen sehingga tekstur kulit menjadi kenyal dan sehat. Namun, Anda harus ingat, telur tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena bisa jadi Anda malah kelebihan protein. Cukup konsumsi 1 telur per-hari untuk kulit yang lebih sehat.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler