fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Makanan Pemicu Alergi Pada Balita

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Alergi makanan paling banyak ditemukan pada  balita. Studi menunjukkan balita di bawah umur dua tahun lebih cenderung mengalami alergi makanan, dibandingkan dengan balita berusia di atas dua tahun. Sebuah studi yang mempelajari tingkat kejadian alergi makanan pada balita, menunjukkan bahwa makanan penyebab alergi pada balita yang paling banyak ditemukan adalah kacang dan diikuti oleh kerang, ikan, telur, dan susu. Lalu, makanan apa saja yang bisa memicu dan menjadi penyebab alergi pada  balita?

Kacang Tanah

Alergi kacang tanah merupakan jenis alergi makanan yang paling banyak dialami oleh balita. Jenis alergi ini pada umumnya bersifat seumur hidup, namun pada 20% balitapenderita alergi dapat hilang seiring dengan bertambahnya usia.

Makanan Laut

Berita Lainnya  Enam Manfaat Air Jahe Bagi Tubuh

Alergi makanan laut disebabkan pada umumnya oleh golongan crustacean misalnya udang dan kepiting dan molluscs seperti kerang. Walaupun alergi makanan laut lebih sering dikategorisasikan sebagai alergi pada orang dewasa, alergi ini juga

dapat dijumpai pada  balita.

Telur

Alergi telur lebih banyak ditemukan pada balita, dibandingkan dengan pada orang dewasa. Gejala ini diketahui akan hilang seiring dengan bertambahnya usia pada sebagian besar penderita.

Susu

Kasein dan whey yang merupakan dua komponen protein utama pada susu. Penderita alergi susu dapat mengalami reaksi alergi terhadap kedua jenis protein ini. Walaupun begitu, alergi ini diketahui akan hilang seiring dengan bertambahnya usia pada sebagian besar  balita yang menderita alergi ini.

Berita Lainnya  Delapan Tips Memberikan Obat Pada Si Kecil

Gandum

Alergi gandum disebabkan oleh protein yang terkandung di dalam gandum, di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap komponen protein tersebut.

Kacang Kedelai

Alergi kacang kedelai umumnya dialami  balita kecil, dan dapat hilang seiring dengan pertambahan usia. Untuk itu, hindari produk makanan seperti tempe, tahu, ataupun susu kacang apabila  balita Anda menderita alergi kacang kedelai.

Ikan Laut

Ikan adalah makanan yang kaya akan protein yang bisa membentuk kecerdasan pada  balita. Tapi sayangnya banyak kasus  balita alergi terhadap ikan, khususnya ikan laut.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler