fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Selain lezat dan menyegarkan, beragam nutrisi yang terkandung dalam kedondong memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kedondong untuk kesehatan, di antaranya:

Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C yang terkandung dalam buah kedondong dapat membantu memperbaiki jaringan kulit dan memeliharanya secara keseluruhan. Buah ini juga dianggap bisa meningkatkan kecantikan kulit. Bahkan daun atau akar kedondong dipercaya mampu mengobati penyakit kulit dan melembapkan kulit.

Membantu mengobati batuk

Buah kedondong memiliki khasiat mengobati batuk karena sifat antimikroba yang dimilikinya. Anda dapat menyiapkan dua atau tiga potong buah kedondong, kemudian parut dan peras airnya. Tambahkan sedikit garam sebelum dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari untuk membantu meredakan batuk.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah kedondong dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat mendorong pembentukan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka.Antioksidan yang terkandung pada kedondong juga bisa membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas yang berbahaya.

Membantu mengatasi masalah pencernaan

Serat makanan yang terkandung dalam kedondong memiliki khasiat melancarkan pencernaan, dan membersihkan usus.Buah ini direkomendasikan bagi orang yang menderita sembelit dan gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam buah kedondong juga dapat mencegah dehidrasi yang memperburuk masalah pencernaan.

Meningkatkan kemampuan penglihatan

Buah kedondong adalah sumber vitamin A yang memainkan peran penting untuk penglihatan. Adanya retinol (senyawa vitamin A) dapat membantu menyampaikan obyek yang diterima oleh retina mata.

Membantu menurunkan berat badan

Buah kedondong mengandung rendah lemak dan kalori, namun tetap memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.Buah ini merupakan buah ideal untuk menurunkan berat badan karena tingginya kandungan serat dan air yang bisa memberikan rasa kenyang, serta mencegah makan berlebihan.

Memberi energi

Kedondong memiliki kandungan gula yang tinggi, terutama dalam bentuk sukrosa. Kandungan ini akan membantu memberikan energi instan sehingga bisa dijadikan sebagai cara alami dalam meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler