fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Bunga Bougenville adalah salah satu tanaman yang biasanya digunakan sebagai hiasan di jalan raya. Biasanya di pinggir jalan ada trotoar yang diisi pot yang menjadi media sesuai untuk media bunga ini. Selain itu, beberapa orang juga menggunakannya sebagai hiasan di rumah, mengingat bunga ini memiliki bentuk dan warna bunga yang indah. Bougenville sendiri awalnya berasal dari Filipina dan kemudian berkembang di beberapa negara di Asia dan Amerika.

Bunga ini dapat digunakan sebagai obat karena mengandung berbagai senyawa seperti pinitol, tanin, flavonoid, alkaloid, senyawa fenolik, glikosida, betacyanine dan banyak lagi. Di mana senyawa-senyawa ini dapat digunakan sebagai pengobatan untuk menyehatkan tubuh. Bagi Anda yang ingin tahu apa manfaat dan khasiat bunga bougenville, dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaatnya.

Berita Lainnya  Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta Gelar Dinner Imlek secara Meriah

Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Khasiat bunga bougenville pertama adalah dapat mempertahankan keseimbangan kolesterol. Jika ada terlalu banyak kolesterol jahat tingkat kolesterol dalam tubuh meningkat dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke dan diabetes. Jumlah kolesterol LDL dan HDL dalam tubuh yang mengarah pada peningkatan kolesterol tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Selain mengobati resistensi insulin, kandungan bahan aktif bunga Bougenville juga memiliki manfaat dalam mengobati gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan asam lambung yang diobati dengan merebus bunga Bougenville. Daun bunga ini dipercaya mengandung zat antiinflamasi dan memiliki efek sangat baik pada usus.

Sumber Antioksidan

Peneliti kesehatan membuktikan bahwa ekstrak bunga bougenville mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Satu studi menemukan bahwa ekstrak ini dapat mencegah penyerapan radikal bebas atau kerusakan sel lain di dalam tubuh. Kandungan bunga ini akan melawan dengan berbagai radikal bebas yang terjadi di saluran pencernaan dan di organ tubuh lainnya.

Berita Lainnya  Menikmati Lezat dan Gurihnya Keripik Unik Ini, Terbuat Dari Pelepah Daun Pisang

Mengatur Tekanan Darah

Perlu Anda ketahui bahwa di Meksiko, ekstrak bunga bougenville digunakan sebagai minuman olahan yang berperan dalam pengobatan salah satunya berperan dalam mengatasi tekanan darah. Kandungan senyawa yang terbuat dari bunga bougenville kering diyakini menghambat pembentukan plak di pembuluh darah. Untuk alasan ini, tekanan darah stabil ketika bunga ini digunakan untuk perawatan.

Membersihkan Polusi Udara

Bunga Bougenville memiliki efek yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas udara dan air. Bunga ini bekerja dengan baik untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor di jalan raya. Karena bunga ini biasanya berada di sisi jalan ia tidak hanya berperan sebagai hiasan tetapi juga berperan dalam membersihkan polusi udara dari asap kendaraan.

Berita Lainnya  Lima Gaun Pengantin Yang Menjadi Tren 2019

Sebagai Antibiotik

Antibiotik adalah komponen yang berperan dalam mengatasi penyebaran berbagai bakteri atau virus atau penyebab penyakit lainnya dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di AS menunjukkan bahwa ekstrak bunga bougenville mengandung metanol khusus, yang bertindak sebagai antibiotik alami. Karena itu, bunga ini memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.

Mencegah Peradangan Lambung

Peradangan lambung disebabkan oleh berbagai penyakit, seperti kurangnya daya tahan tubuh karena kurangnya antibiotik yang kuat dalam tubuh. Di mana antibiotik sendiri mencegah berbagai virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit dalam tubuh. Senyawa kimia dari daun bunga ini bisa menjadi pelindung dan baik untuk usus.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler