fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Jambu Jamaika Untuk Tubuh

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Walaupun mirip dengan jambu air, jambu jamaika mempunyai ukuran yang lebih besar serta daging lebih tebal. Selain menyegarkan, ada manfaat atau khasiat dari jambu jamaika untuk tubuh karena mempunyai kandungan vitamin A dan juga vitamin C. Apabila Anda melihat dari daftar kandungan gizi jambu jamaika, terdapat berbagai kandungan mulai dari vitamin, mineral, serta kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat atau khasiat jambu jamaika dilansir dari hellosehat.

Menjaga Kesehatan Mata

Jambu jamaika atau jambu bol mempunyai kandungan berupa beta karoten dan bermanfaat untuk tubuh. Ini merupakan senyawa alami yang dapat ditemukan pada makanan termasuk buah. Dikutip dari laman University of Rochester Medical Center, beta karoten dapat membantu melindungi tubuh dari masalah kesehatan terutama yang berhubungan dengan mata. Beta karoten yang terdapat di dalam jambu jamaika karena akan diubah dari beta karoten menjadi vitamin yang bagus untuk kesehatan mata Anda. Selain mempertajam penglihatan, vitamin A juga kaya akan antioksidan dan bantu menjaga kesehatan kulit.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Mayonnaise Bagi Kecantikan

Menurunkan Demam

Saat tubuh mengalami demam, tubuh tentu merasa tidak nyaman. Selain hawa tubuh yang terasa lebih panas, biasanya Anda juga kehilangan selera makan. Padahal, penting untuk tetap menjaga asupaan makanan serta cairan saat demam. Jambu jamaika mengandung flavonoid serta vitamin C untuk mengurangi peradangan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Lalu, kandungan air di dalam buah ini juga bisa membantu mencegah terjadinya dehidrasi saat sakit.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mineral dibutuhkan untuk setiap orang karena membantu agar tubuh tetap berfungsi dengan baik. Salah satu kandungan mineral di dalam jambu jamaika adalah kalsium.  Manfaat kalsium dalam jambu jamaika adalah untuk membantu menjaga agar tulang dan gigi tetap kuat sehingga mencegah osteoporosis di kemudian hari. Tidak hanya itu saja, kalsium juga dapat membantu melepaskan hormon dan enzim yang memengaruhi hampir semua fungsi di dalam tubuh.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Mengkonsumsi Air Lemon Hangat

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada pula kandungan mineral lainnya dari jambu jamaika, yaitu zat besi yang merupakan salah satu mineral terpenting bagi kesehatan. Hal ini karena zat besi adalah bagian dari hemoglobin, protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh lainnya. Ini juga membantu memberikan oksigen ke area otot. Salah satu manfaat jambu jamaika karena adanya kandungan zat besi adalah membantu mengatasi kelelahan. Saat tubuh kekurangan zat besi, maka tingkat energi pun menurun. Maka dari itu, zat besi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena hemoglobin dapat melawan penyakit serta infeksi.

Mencegah Kerusakan Sel

Selain mineral, tubuh juga memerlukan antioksidan. Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti buah, sayuran, serta suplemen. Pada buah jambu jamaika, ada juga senyawa antioksidan seperti beta karoten dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh.

Berita Lainnya  Resep Membuat Cakwe

Melancarkan Buang Air Besar

Hamper setiap sayuran dan buah mempunyai kandungan serat yang baik untuk tubuh. Begitu juga dengan kandungan serat di dalam jambu jamaika yang bermanfaat untuk membantu melancarkan saluran pencernaan. Maka dari itu, hal ini bisa melancarkan buang air besar sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Menjaga Tekanan Darah

Manfaat atau khasiat lainnya dari jambu jamaika adalah membantu menjaga tekanan darah. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan kalium yang merupakan bagian dari mineral serta elektrolit. Anda bisa mennbah asupan buah serta sayuran dengan kandungan kalium untuk menurunkan tekanan darah serta mencegah hipertensi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler