fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Fakta Tentang Kapal Selam

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Untuk menjelajahi dan mengetahui kehidupan bawah laut, kita bisa menggunakan kapal selam. Dengan kapal yang mampu menyelam ini, kita bisa ke dunia bawah air tanpa berinteraksi langsung dengan air. Selain itu, kapal jenis ini juga kerap digunakan sebagai salah satu armada perang. Bahkan saat terjadi Perang Dunia, kapal selam disebut-sebut sebagai senjata terampuh. Nah, kali ini kita akan membahas fakta menarik seputar kapal tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut informasinya!

Kapal Selam Dilengkapi Dengan Tangki Air Sebagai Pemberat

Tangki air dalam kapal, berfungsi sebagai pemberat. Tangki air akan diisi saat kapal akan beroperasi. Sebaliknya, saat kapal berada di permukaan atau telah selesai beroperasi, air dalam tangki akan dikeluarkan.

Dipasangi Periskop Sebagai Alat Bantu Lihat

Untuk memantau keadaan dari dalam, setiap kapal selam dipasangi periskop. Periskop dibuat dari serangkaian kaca dan prisma yang telah diatur sedemikian rupa sehingga bisa melihat sesuatu dari jarak jauh.

Ruangan Dalam Kapal Sangatlah Sempit

Tak seperti di film, kenyataannya ruangan di dalam kapal jenis ini sangatlah sempit. Semua ruangan sangat sempit, termasuk lorong antarruangan. Bahkan, ada kapal yang tidak memiliki tempat tidur, khususnya kapal selam militer. Ruangan yang cukup lebar adalah ruang pemandu dan ruang juru masak.

Air Bersih Diperoleh Dari Sulingan Air Laut

Karena terbatasnya ruangan, tak mungkin para penyelam membawa air bersih yang banyak. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, air lautlah yang digunakan. Tentunya, air laut tersebut telah disuling menjadi air tawar.

Pertama Kali Dibuat Tahun 1620

Kapal selam telah diproduksi sejak 1620 di Inggris. Pembuatnya adalah Cornelius Drebbel. Untuk kapal selam militer, pertama kali dibuat tahun 1775 di Amerika Serikat oleh David Bushnell. Kapal tersebut diberi nama Turtle dan hanya bisa diisi satu orang.

Kapal Selam Menjadi Senjata Terampuh Saat Perang Dunia

Pecahnya perang besar antarnegara tentunya menuntut adanya senjata yang super ampuh. Kapal selam dianggap sebagai salah satu senjata terampuh selama Perang Dunia I dan II. Tiap kapal tersebut dilengkapi dengan torpedo, senjata berbentuk tabung yang dapat menembak di dalam air.

Selama Abad Ke-19, Teknologi Kapal Selam Semakin Berkembang

Dari tahun ke tahun, teknologi kapal selam senantiasa diperbaiki. Perkembangan yang paling terasa terjadi selama abad ke-19. Salah satu terobosan terbaru yang dilakukan adalah lambung kapal yang terbuat dari bahan titanium atau baja. Hal ini menjadikan kapal tidak hancur apabila terkena tekanan air yang besar dari dasar laut.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler