fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Ruangan Bergaya Patio

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Apa sih itu patio? Istilah ruang terbuka ini sering salah diartikan sebagai sekadar teras atau dek halaman. Padahal, patio punya struktur dan sejarah tersendiri. Supaya kamu tidak salah kaprah, saatnya mengenal patio lebih dalam, mulai dari definisi, fungsi, hingga ide desainnya yang bisa diaplikasikan di rumah.

Patio berasal dari bahasa Spanyol yang artinya halaman dari sebuah rumah atau bangunan. Makna halaman pada patio agak sedikit berbeda dari biasanya karena patio tidak dikelilingi oleh dinding. Konsep patio lebih pada area terbuka yang bersifat alami dan bersentuhan dengan tanah, tanpa harus ada platform atau dek tertentu. Oleh karena itu, patio tidak membutuhkan pagar karena sifatnya yang rata dengan tanah.

Patio juga bisa melekat pada struktur rumah ataupun terpisah. Desain patio sering disisipi dengan unsur lansekap yang indah. Secara umum, desain patio juga sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan selera, bentuk, atau bahan bangunan yang digunakan. Banyak patio yang menggunakan bahan konkrit, bata, batu atau semen. Kehadirannya juga bisa di bagian depan, samping, atau belakang rumah. Bukan sekadar estetika belaka, patio bisa jadi fitur multifungsi untuk rumahmu. Berikut merupakan beberapa fungsi tak terduga dari patio dilansir dari dekoruma.

Ruang Outdoor Ekstra

Ingin bersantai ala selebgram? Nggak perlu traveling, kok! Cukup memiliki patio saja kalian sudah bisa menikmati momen santai di bawah hangatnya mentari. Tinggal tambahkan furnitur yang nyaman dan atur susunan duduk biar ada ekstra spot buat keluarga dan teman.

Jadi Fokus Utama Rumah/Bangunan

Banyak ahli bangunan yang menggunakan teori focal point alias pusat utama dari sebuah rumah. Kehadiran patio bisa jadi elemen tunggal yang memberi bobot dan volume pada rumah secara keseluruhan.

Transisi Keren Ke Dalam Rumah

Sebagai perpanjangan ke bagian rumah, patio bisa jadi konektor multifungsi supaya transisi dari outdoor ke indoor lebih luwes. Dengan demikian, pemanfaatan area jadi lebih maksimal, apalagi dengan tambahan lansekap cantik yang bikin rumah makin plong.

Memanfaatkan Ruang Sisa

Solusi cerdik semasa banyak berdiam di rumah, manfaatkan ruang sisa di bagian belakang atau samping rumah yang terbuka untuk dijadikan patio. Cukup hias dengan pot-pot hijau yang segar, lalu tambahkan kursi santai atau kursi malas biar makin nyaman.

Gaya Space-saving Estetik

Coba style patio yang atraktif dan penuh warna. Gunakan karpet berpola untuk marka lantai, tambahkan juga satu set perabot yang matching untuk membuat patio tampil lebih estetik. Jangan lupa hias juga dengan dekorasi tanaman hijau yang stylish.

Tetap Natural & Serba Homey

Impian punya patio tidak perlu yang repot-repot, cari solusi gaya seperti bahan natural bambu atau rotan dalam bentuk tikar. Nuansa lokal seperti ini sangat ampuh membuat kesan homey dan juga mudah didapatkan.

Fitur Kanopi Percantik Patio

Untuk yang punya ruang dan budget ekstra, tambahkan juga kanopi atau atap dengan panel otomatis. Dijamin deh patio terlihat semakin kece dan rumah jadi ekstra multifungsi. Percantik juga dengan instalasi lampu temaram yang menawan di saat malam tiba.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler