fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Merawat AC

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Hampir bisa dipastikan kalau AC yang tidak lagi sejuk dikarenakan ada bagian dari unit AC tersebut yang kotor. Bukan hanya membuat performanya menurun, AC yang kotor ini juga akan membuat konsumsi listrik meningkat sampai 30%. Kamu tentu tidak mau hal ini terjadi, bukan? Maka dari itu, biasakanlah merawat AC dengan teratur, baik secara mandiri maupun memanggil tenaga profesional. Lalu, perawatan apa saja yang bisa dilakukan supaya AC milikmu senantiasa sejuk seperti baru dipasang? Ikuti langkah-langkah di bawah ini, ya!

Bersihkan Panel Unit Indoor AC

Sediakanlah waktu seminggu sekali untuk membersihkan panel indoor dari unit AC yang kamu miliki. Tidak jarang karena debu yang banyak menempel di panel tersebutlah yang membuat udara dari AC tidak terasa sejuk lagi. Ini karena udara dari AC sudah bercampur dengan debu dari panel unit. Membersihkan panel unit indoor AC secara berkala bukan hanya efektif membuat AC terasa seperti baru dari segi udara yang dihasilkan, melainkan juga dari segi penampilan.

Cuci dan Lap Filter AC

Filter AC yang kotor merupakan masalah yang paling sering menjadi penyebab AC tidak terasa dingin. Kamu juga bisa membersihkan filter AC secara mandiri, setidaknya dalam seminggu sekali. Kamu hanya perlu membuka panel depan unit AC, kemudian melepaskan filter udara dari posisinya. Cuci filter tersebut dengan air mengalir sehingga tumpukan debunya terbuang semua. Setelah itu, lap filter sampai kering sebelum kamu memasangkannya kembali ke unit AC.

Pemeliharaan Rutin oleh Teknisi

Ada bagian pemeliharaan yang memang bisa kamu lakukan secara mandiri. Namun, ada juga perawatan AC yang memang sebaiknya diserahkan ke teknisi profesional. Contohnya, pembersihan seluruh komponen yang ada pada unit AC, baik pada bagian unit indoor maupun outdoor, sampai pengecekan tekanan freon. Sebaiknya,  kamu melakukan pemeliharaan rutin ini setiap tiap tiga bulan sekali. Pemeriksaan yang rutin bisa membuat AC kamu bertahan hingga bertahun-tahun dengan kualitas udara yang senantiasa sejuk.

Periksa Mesin Secara Berkala

Mesin AC juga nggak boleh luput dari perawatan kalau kamu ingin AC senantiasa terasa sejuk dan tahan lama. Nggak bisa dipungkiri, semakin sering dipakai, mesin peralatan elektronik bisa aus, tidak terkecuali AC. Oleh karena itu, biasakanlah ketika melakukan perawatan oleh tenaga profesional, mesin AC juga diperiksa. Pastikan mesin AC kamu dalam keadaan baik sehingga tidak mengalami penurunan performa.

Biasakan Memakai Timer

Menyalakan AC sepanjang hari bisa membuat mesinnya bekerja keras dan berpengaruh pada kualitas udara yang dihasilkan. Ini juga dapat membuat tagihan listrik kamu membengkak. Namun, pasti ada kalanya kamu lupa mematikan AC, mungkin karena terburu-buru atau tidak sadar bahwa AC masih menyala. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan diri memasang timer AC agar dapat mati secara otomatis.

Hindari Suhu Terlalu Rendah

Mengatur suhu AC secara tepat merupakan bagian dari perawatan AC supaya tahan lama dan senantiasa sejuk. Lalu, berapa suhu AC yang biasa kamu pasang? Memasang suhu AC yang ideal adalah minimal 22 derajat Celsius dan tidak lebih rendah lagi. Hal ini karena semakin rendah suhu AC yang kamu pasang, semakin cepat panas pula mesin dari produk elektronik ini sehingga lama-kelamaan akan mempengaruhi performa AC jadi menurun.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler