fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Menu Sebagai Pereda Kolesterol

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Ada jenis kolesterol yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh yaitu yang sering disebut sebagai kolesterol baik yang akan bermanfaat bagi tubuh. Selain kolesterol baik ada juga kolesterol jahat yang bisa membahayakan tubuh. Nah, koleresterol inilah yang sering Anda dengar dari dokter. Jika kolesterol  jahat  ini menumpuk dalam tubuh Anda akan menyebabkan penyumbatan peredaran darah dan hal ini akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti stroke, hipertensi, jantung, ataupun komplikasi.  Berikut adalah tujuh menu untuk  mengatasi kolesterol tinggi.

Alpukat

Alpukat selain sangat nikmat untuk dikonsumsi sebagai jus ataupun dicampurkan pada hidangan lainnya. Alpukat juga bisa menurunkan kolesterol tinggi, alpukat memiliki lemak yang berifat tidak jenuh dan juga pitoserol yang sangat ampuh menurunkan kolesterol  jahat dalam tubuh Anda. Nah, bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi, harus banyak mengkonsumsi buah alpukat dengan membuatnya menjadi jus atau hidangan makanan apapun. Selain itu, alpukat juga sangat bermanfaat untuk membuat Anda merasa cepat kenyang, jadi buah alpukat sangat bagus untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Minyak Zaitun

Berita Lainnya  Resep Pancake Cokelat Keju

Minyak zaitunn terbilang sangat ampuh juga dalam mengatasi kolesterol tinggi. Minyak zaitun memiliki lemak tak jenuh dan nutrisi yang kaya antioksidan yang ampuh menurunkan koleterol jahat. Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun 2 sendok makan per harinya dengan cara mencampurkannya dengan sayuran atau sebagai pengganti mentega untuk menumis makanan. Namun, perlu diingat jika minyak zaitun juga memiliki kalori yang tinggi maka dari itu, Anda harus menggunakannya sesuai takaran yang disarankan.

Ikan Salmon

Ikan salmon memang sangat banyak memiliki manfaat baik selain untuk meningkatkan kolesterol baik, salmon juga ampuh untuk mengatasi kolesterol tinggi. Dengan cara mengkonsumsi 2 porsi ikan salmon dalam seminggunya maka kolesterol jahat dalam tubuh akan mudah teratasi. Ikan salmon juga membantu menurunkan trigliserida dan mengandung omega 3. Selain Anda bisa mengonsumsi daging salmon Anda juga bisa menggambil manfaat dari minyak ikan salmon yang biasanya sudah bisa tersedia dalam bentuk kapsul. Namun Anda tetap harus melakukan konsultasi pada dokter sebelum memutuskan mengkonsumsi minyak ikan salmon.

Berita Lainnya  Tujuh Fakta Menarik Tentang Air Mata

Bawang Putih

Tidak hanya berfungsi untuk membuat makanan lezat, ternyata bawang putih bermanfaat pula untuk mengurangi tekanan darah, mencegah penyakit stroke, jantung, dan juga dapat menurunkan kolesterol tinggi. Bawang putih adalah alternatif untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol jahat. Anda bisa mengkonsumsinya 2 hingga 3 butir bawang putih segar setiap harinya. Anda juga bisa menambahkannya dalam setiap hidangan makanan Anda. Namun, cara yang lebih ampuh adalah dengan memakan langsung bawang putih segar setiap harinya.

Beras Merah

Beras merah sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Beras merah terbilang ampuh menurunkan kolesterol tinggi karena mempunyai kandungan senyawa yang dikenal sebagai monacolins. Bagi Anda penderita kolesterol tinggi Anda bisa mencobanya dengan memakan 1-2 porsi nasi merah dengan porsi yang kecil. Namun jika anda memiliki keluhan lemas setelah memakan nasi merah sebaiknya konsultasikan kedokter. Karena beras merah tidak baik di konsumsi oleh ibu hamil, menyusui, dan penderita penyakit hati.

Berita Lainnya  Lima Tanda Liver Bermasalah Yang Harus Diwaspadai

Coklat Hitam

Coklat hitam juga terbilang ampuh dalam mengatasi kolesterol tinggi. Coklat hitam memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol  jahat dalam tubuh. Selain itu, coklat hitam mengandung antioksidan dan flavonoid, hal ini juga berpengaruh pada penurunan resiko stroke dan penyakit jantung. Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi Anda bisa bisa mengkonsumsi  coklat hitam 1 hingga 2 potongan kecil coklat hitam per harinya.

Oatmeal

Mengkonsumsi oatmeal setiap paginya sangat baik untuk kesehatan termasuk dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Cuka apel miliki kandungan serat yang larut dalam air sehingga membatu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, hal ini juga berpengaruh pada menurunnya resiko terkena penyakit jantung dan juga diabetes tipe 2. Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal mengkonsumsi oatmeal di pagi harinya yang akan membantu hidupmu lebih sehat.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler