fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Penyebab Batu Empedu Berikut Yang Bisa Meningkatkan Risiko

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Batu empedu atau gallstone adalah endapan cairan pencernaan (cairan empedu) yang mengeras yang terbentuk pada kantung empedu. gallstone memiliki ukuran mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar bola golf. Beberapa orang mengembangkan hanya satu batu empedu, sementara yang lain mengembangkan lebih banyak secara bersamaan. Simak penyebab batu empedu berikut yang bisa meningkatkan risiko.

Keturunan

Jika seseorang dalam keluarga memiliki batu empedu, mungkin Anda berada pada risiko tinggi mengalami kondisi yang sama juga.

Obesitas

Ini adalah salah satu faktor risiko terbesar gallstone. Obesitas dapat menyebabkan kenaikan kolesterol.

Wanita Hamil atau Mengonsumsi Pil KB

Estrogen dapat meningkatkan kolesterol dan mengurangi motilitas kandung empedu. Wanita yang sedang hamil atau yang mengonsumsi pil KB memiliki tingkat estrogen yang lebih tinggi dan lebih mungkin untuk mengalami kondisi ini

Berita Lainnya  Sembilan Makanan Korea Yang Hits Di Jogja

Ras

Kelompok etnis tertentu, termasuk penduduk asli Amerika dan Meksiko-Amerika, lebih mungkin untuk terkena batu empedu.

Jenis Kelamin dan Usia

Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita dan orang lanjut usia.

Mengonsumsi Obat Kolesterol

Beberapa obat penurun kolesterol meningkatkan jumlah kolesterol dalam empedu, sebuah kondisi yang dapat meningkatkan potensi batu kolesterol.

Diabetes

Orang dengan diabetes cenderung memiliki tingkat gliserid yang lebih tinggi (sejenis lemak darah), yang merupakan faktor risiko untuk kondisi ini

Penurunan Berat Badan yang Drastis

Jika seseorang kehilangan berat badan terlalu cepat, hati akan mengeluarkan kolesterol ekstra yang dapat menyebabkan batu empedu.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler