fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Membeli Sofa Bed

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Sesuai dengan namanya, sofa bed ini adalah furnitur yang bisa dijadikan sofa dan juga tempat tidur. Kehadirannya membuat hunian tetap space-saving alias efisien karena penggunaannya bisa semaksimal mungkin.  Anda  membutuhkannya juga? Simak dulu tips membeli sofa bed secara tepat dari dekoruma berikut ini!

Sesuaikan Ukuran

Sofa bed tersedia dalam beragam ukuran. Oleh karena itu,  Anda  perlu menyesuaikan ukuran yang tepat. Pertama-tama dimulai dari kebutuhan anggota keluarga. Apakah sofa bed ini akan digunakan 1 orang atau malah 2 orang? Semakin banyak orang yang menggunakannya, maka pilihlah sofa bed yang berukuran besar supaya tidur terasa nyaman. Kedua, sesuaikan ukuran sofa bed dengan ruangan yang dimiliki. Furnitur ini membutuhkan ruang lebih ketika dibuka. Jadi, saat membelinya, perhatikan juga ukuran saat sofa bed dalam keadaan terbuka dan perkirakanlah dengan besar ruanganmu. Perhatikan juga penempatan furnitur lain supaya tidak saling membentur. Jangan sampai niatan supaya space-saving malah menjadikan  Anda  sulit bergerak di hunian sendiri!

Perhatikan Cara Buka Tutup

Untuk mengubah sofa menjadi tempat tidur,  Anda  perlu membuka-tutup beberapa bagiannya. Perhatikan cara buka tutup yang ditawarkan oleh produsen. Ada yang menggunakan remote control, ada yang ditarik keluar, ada pula yang model sandarannya didorong. Pilih yang paling mudah dilakukan olehmu.  Anda  tentu tidak mau kerepotan membuka sofa bed ketika sudah merasa ngantuk, ‘kan? Selain itu, pastikan juga kalau furnitur multifungsi ini memiliki sistem buka tutup yang awet. Berhubung  Anda  akan sering menggunakannya.

Pilih yang Memiliki Struktur Kuat

Berbeda dengan sofa atau kasur biasa, sofa bed akan digunakan untuk duduk dan tidur. Jadi, pilihlah yang memiliki struktur kuat. Terlebih lagi jika  Anda  tipe orang yang banyak bergerak saat tidur. Pada umumnya, struktur sofa bed menggunakan besi atau kayu. Silakan sesuaikan dengan bobot dan kebiasaan tidurmu.

Tentukan Jumlah Lipatan

Pada umumnya, sofa bed memiliki dua hingga empat lipatan. Model dengan dua lipatan tidak membutuhkan ruang yang besar dan bisa digunakan oleh 1-2 orang. Cara membukanya dengan mendorong bagian sandaran. Model yang memiliki tiga lipatan biasanya dibuka dengan cara mendorong bagian sandaran dan mengangkat bagian dudukan. Model ini paling pas untuk diletakkan di sudut ruangan. Sementara itu, model empat lipatan terasa seperti menata matras besar. Model ini cocok untuk digunakan banyak orang di ruangan yang berukuran besar. Berapa pun jumlah lipatan sofa bed yang akan  Anda  gunakan, pastikan lipatan tersebut tidak mengganggu postur tubuh ketika ditiduri.

Pemilihan Busa

Sofa bed juga diisi dengan busa dan jenisnya ada banyak. Pada saat memilih busa isian, kriteria ini tergantung pada masing-masing pengguna. Jika  Anda  memiliki masalah pada punggung, sebaiknya pilih yang busanya agak keras. Jika lebih sering menggunakannya untuk duduk, jatuhkan pilihan pada busa yang agak empuk supaya lebih nyaman.

Tentukan Bahan Pelapis yang Tepat

Sofa bed biasanya dilapisi dengan bahan kain, suede, oscar, atau kulit. Ada beberapa pertimbangan yang bisa memandumu saat memilih furnitur ini. Bahan pelapis kain polyester akan terasa nyaman dan adem di permukaan kulit. Warnanya juga beragam sehingga mudah disesuaikan dengan konsep hunian, termasuk untuk Japandi yang identik dengan warna earthy dan pastel. Pelapis suede cocok untuk hunian berkonsep mewah dan modern. Sedangkan, bahan kulit tergolong awet dan mudah dibersihkan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler