fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Sosok Wanita Inspiratif di Dunia

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Banyak orang akan setuju apabila wanita bukanlah sosok yang lemah. Wanita memang sering diidentikkan dengan makhluk yang lembut, lemah, dan bahkan tak berdaya. Di satu sisi banyak hal membuktikan apabila wanita bisa memberi inspirasi bagi dunia. Lantas, siapa saja daftar wanita paling berpengaruh di dunia yang dengan kehebatannya ini, mampu mengubah dunia? Berikut adalah sosok wanita inspiratif dunia  yang dilansir dari portalilmu.

Anne Frank  

Apa pun itu, Saya percaya bahwa setiap orang memiliki hati yang sangat baik. -Anne Frank

Nama Anne Frank begitu dikenal karena tulisannya dalam buku diary yang mengungkap tragedi mengerikan holocaust, sebuah pembunuhan massal yang dilakukan oleh Nazi Jerman. Gadis cilik itu bahkan dijuluki “the human face of holocaust”. Apa yang dilakukan oleh Anne Frank sering dianggap sebagai hal yang sederhana, sehingga predikatnya sebagai wanita hebat dan berpengaruh sering diragukan. Gadis yang kala itu masih berusia belasan tahun itu memang hanya menulis sebuah buku harian. Namun, dari buku harian yang mengisahkan tentang Nazi dan Holocoust inilah, dunia dapat mengungkap mengenai tragedy yang membunuh 6 juta orang Yahudi ini.

Diary Anne Frank menuturkan mengenai pelariannya bersama dengan keluarganya dari kejaran Nazi selama 25 bulan. Tanpa tulisannya ini, dunia mungkin tak akan mengerti bahwa tragedi ini benar adanya, dan memang sungguh mengerikan. Sesungguhnya, apa yang diajarkan bukan sekedar keberpihakan terhadap kaum Yahudi. Lebih dari itu, ia mengajarkan mengenai segala bentuk tindakan negatif yang timbul lantaran perbedaan rasis, kepercayaan, suku dan perbedaan lainnya.

Bunda Teresa  

Tidak setiap kita dapat melakukan hal hebat. Tapi, kita dapat melakukan hal kecil dengan cinta yang hebat -Bunda Teresa

Nama Bunda Teresa atau Mother Teresa tentu sudah tidak asing lagi bukan? Namanya begitu populer sebagai seorang yang begitu berjasa dalam merawat orang -orang berpenyakit kusta yang terbuang di negaranya, India. Pengorbanan hidupnya yang begitu besar, ditambah kasih sayangnya yang tulus, membuatnya layak dianugerahi dengan Nobel Peace Prize tahun 1979.

Yang paling mengagumkan dari sosoknya, adalah pengorbanannya yang begitu tulus. Ia bahkan telah mengabdikan hingga 30 tahun hidupnya untuk melakukan pekerjaan kemanusiaan, sebelum ada seorang pun yang mengenalnya. Filosofi hidupnya sesungguhnya sederhana, tapi begitu bermakna. Baginya, jika kita tidak bisa membagi makanan untuk seratus orang, maka cukup bagikan makanan kita untuk seorang saja.

Aung Sang Suu Kyi  

Dalam masyarakat dengan orang-orang yang benar-benar meyakini nilai mereka sendiri, perempuan tidak hanya ditoleransi tetapi dihargai. -Aung Sang Suu Kyi

Aung Sang Suu Kyi adalah seorang politisi Burma atau Myanmar yang menempatkan diri sebagai oposisi pemerintah. Wanita ini adalah seorang pejuang demokrasi yang terpaksa harus mendekam sebagai tahanan rumah selama 15 tahun. Kampanye aktifnya terhadap demokrasi membuat pemerintah sangat anti terhadapnya. Karenanya, ia pun terus saja dipenjarakan oleh pemerintahan Myanmar yang kondisinya memang sedang tidak stabil. Pembebasannya baru dilakukan tahun 2010 lalu, itu pun karena dorongan internasional yang mengkampanyekan kebebasannya. Di tahun 1991, Aung Sang Suu Kyi juga telah dianugerahi hadiah nobel karena ia dianggap sebagai teladan seorang warga sipil yang luar biasa dan paling berani di Asia.

Diana – Princess of Wales

Setiap orang harus dihargai. Setiap orang mempunyai kemampuan untuk memberi balasan. -Lady Diana

Putri Diana adalah seorang yang begitu dicintai oleh rakyatnya. Putri dengan latar belakang sebagai rakyat biasa ini adalah sosok yang mengagumkan dan penuh dengan welas asih. Ia bahkan layak mendapat hadiah peraih nobel perdamaian atas pengabdiannya dalam kegiatan amal, dan kampanye melawan penambangan yang merusak,

Benazir Bhutto  

Demokrasi adalah pembalasan dendam yang terbaik. -Benazir Bhutto

Wanita dengan nama lengkap Mohtarma Benazir Bhutto ini memang layak disebut sebagai perempuan hebat yang sukses memiliki pengaruh yang besar terhadap dunia. Namanya tercatat sebagai wanita pertama yang menjadi pemimpin bagi sebuah negara muslim. Ya, dia adalah Perdana Menteri Paksitan yang ke-11, dan yang pertama pula sebagai perdana menteri wanita.

Masa jabatannya bermula di tahun 1993 dan berakhir di tahun 1996. Tak hanya sekedar memimpin, Benazir Bhutto, membuktikan kehebatannya sebagai seorang wanita pemimpin. Ia pula yang berhasil mengakhiri kediktatoran militer yang berlangsung di negaranya. Sebagai seorang wanita, ia pun juga berjuang untuk meningkatkan martabat dan hak-hak wanita. Tak hanya itu, ia sukses memperbaiki nasib para perempuan sekaligus nasib rakyatnya yang berada di lapisan terbawah dari penduduk termiskin di Pakistan. Sayangnya, ia harus meninggal di tahun 2007, karena pembunuhan.

Michelle Obama  

Masih ada begitu banyak sebab yang layak untuk jadi alasan pengorbanan, dan masih banyak sejarah yang belum dibuat. -Michelle Obama

Sebagai seorang istri dari Presiden Amerika Serikat, Michelle Obama memang sudah selayaknya punya kemampuan untuk mempengaruhi dunia ini. Namun, hal menarik dari dirinya adalah karakternya yang terkesan begitu sederhana. Ia adalah satu -satunya lady of the United States yang terbiasa tidur di apartemennya saja di Chicago. Wanita yang selalu tampil cantik dan stylish ini pun kini berjuang dalam kampanye untuk melawan obesitas pada anak.

Oprah Winfrey  

Bersyukurlah terhadap apa yang Anda miliki, maka Anda akan memilikinya lebih. Jika Anda hanya memikirikan apa yang tidak Anda miliki, maka tidak akan pernah ada yang cukup. -Oprah Winfrey

Oprah Winfrey merupakan sosok wanita inspiratif dunia yang menjadi seorang dermawan yang sangat hebat. Sebagai sosok wanita yang terlahir dalam keadaan miskin, ia tentu telah merasakan betapa nelangsanya hidup dalam suasana yang kumuh. Maka, ketika ia sukses menjadi seorang pembawa acara Talk Show dengan bayaran US$ 2,7 Milliar, ia pun jadi orang yang begitu dermawan.

Florence Nightingale (1820-1910)

Saya pikir, perasaan seseorang yang dituang dalam kata -kata adalah percuma, mereka harus mengubahnya menjadi tindakan untuk menghasilkan sesuatu. -Florence Nightingale

Florence Nightingale sering dijuluki sebagai “The lady with the lamp”. Perannya dalam menyelematkan banyak nyawa sungguh begitu berharga. Ia adalah seorang perawat yang mengobati para tentara yang terluka selama perang Crimean berlangsung. Dedikasinya yang tinggi, serta semangatnya sukses mengubah pandangan dunia terhadap persepsi stereotip pada profesi suster ini. Ia juga sukses dalam mendesak pembenahan kondisi sanitari dengan sangat sabar sehingga hasilnya bisa menyelamatkan banyak sekali nyawa.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler