fbpx
Connect with us

Sosial

Update Corona Gunungkidul, Tambahan 1 Kasus Positif dan Belasan Orang Dikarantina di Wisma Wanagama

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Kasus positif covid-19 di Gunungkidul bertambah 1 kasus. Hasil swab test seorang perempuan warga Kecamatan Semanu diketahui positif. Adanya tambahan ini membuat kasus positif corona di Gunungkidul merangkak ke angka 35 per Jumat (22/05/2020) ini. Dari jumlah itu, sebagian besar telah dinyatakan sembuh.

Tambahan 1 kasus positif menjadikan wilayah Kecamatan Semanu saat ini menyumbang 5 kasus positif covid-19. Jumlah ini menjadi salah satu yang tertinggi setelah Kecamatan Wonosari. Dari jumlah tersebut, kasus positif di Kecamatan Semanu diketahui berasal dari dua klaster yakni klaster Indogrosir dan klaster Gadungsari.

“Tambahan 1 kasus positif yang terbari ini berasal dari klaster Gadungsari, Wonosari,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty, Jumat sore.

Peta Sebaran Status COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul
*Credits: https://bit.ly/statCovGK (updated)

Dinas Kesehatan Gunungkidul sendiri hingga saat ini masih terus melakukan tracing untuk klaster Gadungsari dan 9 klaster lainnya. Untuk itu, pihaknya terus melakukan rapid tes yang hingga saat ini menghasilkan 195 orang yang dinyatakan reaktif.

Berita Lainnya  Fasilitasi Gotong Royong Semprot Disinfektan, Keluarga Ini Beli 3 Mobil Anyar dan Peralatannya

“Jumlah 195 orang itu jumlah keseluruhan sejak awal ya, sudah banyak yang keluar hasilnya dan banyak yang negatif,” ucap Dewi.

Untuk lebih melakukan kontrol terhadap persebaran covid-19 di Gunungkidul ini, pemerintah juga melakukan karantina terhadap belasan orang yang rapid tesnya menunjukkan hasil reaktif. Mereka saat ini telah dikarantina di Wisma Wanagama, Kecamatan Playen.

“Ada 14 orang yang dikarantina, mereka yang di sana telah diambil swabnya, saat ini menunggu hasilnya keluar,” bebernya.

Wisma Wanagama sendiri mampu menampung puluhan orang karena terdiri dari 90 bed. Setiap ruangan mampu menampung 2 sampai empat orang dengan jarak yang disesuaikan dengan protokol covid-19.

Dirinya juga memastikan bahwa warga yang dikarantina akan mendapatkan perlakuan semaksimal mungkin. Selain itu, di wisma tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas layaknya rumah pribadi.

Berita Lainnya  Didemo Ratusan Warga, Kades Balong Mengaku Tengah Dekat Dengan Wanita Lain

“Untuk pengawasan dan logistik tentu sudah disiapkan secara matang,” jelasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler