fbpx
Connect with us

Pariwisata

Investasi Perhotelan di Kawasan Strategis Semakin Menjamur

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Geliat pariwisata di Kabupaten Gunungkidul beberapa tahun terakhir mulai mengalami peningkatan yang signifikan. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk bisa terus memajukan daerah dengan potensi yang dimiliki. Kondisi sekarang ini, tidak hanya dibaca oleh pemerintah dan masyarakat lokal saja, namun dari pihak luar seperti misalnya investor juga memiliki andil dalam memajukan Gunungkidul.

Dengan berkembangnya wisata di Gunungkidul, sekarang ini mulai banyak investor yang melirik untuk masuk dan berkontribusi dalam pembangunan. Tidak hanya pengembangan di obyek wisata saja, akan tetapi dalam sektor lain yang dapat menunjang kegiatan pariwisata juga dilirik. Salah satunya yakni pembangunan hotel di Bumi Handayani. Sebenarnya di wilayah pesisir khususnya Wonosari, Purwosari, Tanjungsari, dan Tepus banyak penginapan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan tahun ini ada beberapa investor yang masuk ke Gunungkidul untuk mengurus perizinan pembangunan hotel berbintang di titik-titik tertentu. Dengan adanya komunikasi dan rencana pembangunan hotel berbintang diharapkan semakin mampu mendongkrak pariwisata Gunungkidul. Terlebih juga berkaitan dengan lama tinggal wisatawan.

“Sudah ada beberapa yang melakukan komunikasi dengan kami. Bahkan dua diantaranya sudah mendapatkan rekomendasi tata ruang,” kata Irawan Jatmiko, Rabu (19/08/2020).

Adapun pengajuan izin pembangunan hotel berbintang ada dua titik yakni di wilayah Wonosari dan Kapanewon Saptosari. Ada juga investor yang sedang melakukan komunikasi, pengurusan izin dan berkas lainnya masih dalam proses titik yang dibidik oleh pengembang yakni di Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen. Rencananya hotel Santika di Jogja akan melakukan pengembangan di jalur strategis itu.

“Kalau yang itu (Santika) masih dalam tahapan konsultasi,” tambahnya.

Seiring dengan berkembangnya pariwisata memang keberadaan hotel atau penginapan di Gunungkidul mulai menjamur. Ratusan bangunan penginapan dengan fasilitas memadai maupun sederhana, dengan dibangunnya hotel atau penginapan menambah sejumlah keuntungan pula bagi masyarakat sekitar maupun pemerintah. Mulai dari pendapatan asli daerah sampai dengan ketersediaan lapangan pekerjaan bagi penduduk.

Lurah Logandeng, Kapanewon Playen, Suhardi membenarkan adanya investor yang masuk ke wilayahnya. Pengembang hotel ternama yakni Santika akan melakukan pembangunan di wilayahnya. Dengan adanya rencana pengembangan hotel diharapkan membuka peluang bagi pihak ketiga lainnya yang akan melakukan pengembangan usaha di kawasan strategis itu.

“Iya ada hotel Santika yang rencananya akan melakukan pengembangan di wilayah kami. Sekarang sedang tahap persiapan lahannya,” ucap Suhardi.

Dengan adanya pengembangan itu, diharapkan membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat Gunungkidul.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler