fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh  Asupan yang Sebaiknya Dihindari saat Haid

Diterbitkan

pada tanggal

 Jogja,(pidjar.com)–Bagi wanita, menjaga kesehatan tubuh saat masa haid amatlah penting, karena haid dapat menyebabkan tubuh terasa sakit dan lemas, bahkan bisa membuat seseorang menjadi pingsan. Salah satu hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi saat haid adalah dengan gaya hidup sehat, salah satunya membatasi konsumsi makanan tertentu. Faktanya adalah ada banyak jenis makanan yang dilarang pada saat haid, karena dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan atau menimbulkan rasa sakit yang lebih pada bagian tubuh anda. Apa saja makanan yang dilarang saat haid? Berikut penuturannya!

Gorengan

Salah satu makanan yang juga lebih baik dihindari saat menstruasi adalah makanan yang mengandung minyak berlebih. Jenis makanan ini memang terasa gurih dan lezat dinikmati sebagai cemilan.  Namun kandungan minyak yang berlebihan dapat menyebabkan meningkatkan jumlah lemak di dalam tubuh. Bahkan kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan kurang lancarnya siklus menstruasi, sehingga akan berpengaruh terhadap menstruasi yang alami.

Makanan Manis

Makanan yang terlalu manis juga diyakini tidak baik untuk tubuhmu yang sedang menstruasi. Hal ini disebabkan gula yang masuk di dalam tubuh akan memberikan kalori yang terlalu tinggi. Tentu ini akan menyebabkan gangguan menstruasi. Jika Anda tetap ingin mengkonsumsi makanan yang manis, Anda bisa menggantinya dengan gula yang rendah kalori untuk menghindari hal yang justru baik bagi tubuh.

Berita Lainnya  Lima Kesalahan Dalam Berdandan Yang Membuat Wanita Tampak Lebih Tua

Fasfood

menu sarapan yang dihindari

Kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi pada makanan cepat saji dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan apalagi saat menstruasi. Selain dapat mengganggu proses menstruasi yang alami, makanan cepat saji juga minim akan gizi. Oleh karenanya, gantilah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan. Zat besi berfungsi mencegah tubuh merasa lemas yang disebabkan oleh saat menstruasi banyak zat yang keluar bersama darah sehingga membuat badanmu lemas. Karenanya untuk mengganti zat besi yang hilang Anda harus memilih makanan yang mengandung banyak zat besi.

Makanan Olahan

Saat sedang menstruasi lebih baik mulai menghindari makanan kaleng atau olahan. Jenis makanan ini biasanya mengandung sodium atau zat garam yang cukup tinggi. Mengkonsumsi garam berlebihan dapat mempengaruhi penyimpanan air di dalam tubuh sehingga membuat tubuh menjadi bengkak atau gemuk. Hindari makanan seperti kornet atau MSG. Gantilah dengan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran.

Makanan Panggang

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa kram atau nyeri saat menstruasi adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang dipanggang. Sebab, kandungan lemak trans di dalamnya akan membuat kadar estrogen semakin meningkat sehingga dapat menyebabkan rahim mengalami kram dan nyeri.  Untuk mencegahnya, maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium. Di dalam kalsium terdapat zat yang bergunan untuk tonus otot yang bisa mencegah perut kram dan nyeri. Susu, keju, atau sayuran brokoli bisa menjadi pilihan makanan dengan kalsium yang tinggi.

Berita Lainnya  Manfaat AHA sebagai Perawat  Kecantikan Kulit Wajah

Softdrink

Softdrink juga menjadi salah satu minuman yang pantang dikonsumsi saat menstruasi. Ya, kandungan gula yang tinggi pada jenis minuman ini akan membuat tubuh menjadi cepat lemas. Akibatnya, perut bisa menjadi kram dan nyeri. Anda pun juga akan mudah emosi dan tersinggung. Untuk itu jauhi dulu minuman bersoda dan mengandung banyak gula supaya badanmu lebih prima. Dengan mengatur pola makan yang baik harapannya Anda tidak akan mengalami lemas ataupun sakit saat menstruasi. Jadi, tidak ada alasan untuk memulai hidup sehat dari sekarang, kan?

Kafein

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, saat menstruasi tiba lebih baik mulai mengurangi asupan kafein. Bahaya kafein dapat menyebabkan gangguan sirkulasi darah sehingga menyebabkan terjadinya abnormalitas pada pendarahan saat menstruasi tiba. Kandungan kafein ini bisa Anda temui di berbagai minuman populer, seperti kopi, teh, ataupun minuman berenergi. Untuk itu, saat mentruasi lebih baik perbanyak minum air putih. Air putih akan membantu tubuh dalam menyimpan air, dan ini juga bisa untuk mengurangi kembung.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler