fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Membangun Bisnis Kos Bagi Pemula

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Kebutuhan tempat tinggal di daerah perantauan menjadi tinggi, dan untuk memenuhi hal tersebut kos-kosan ataupun kontrakan menjadi salah satu pilihan. Dari berbagai hal, dapat dikatakan bisnis atau usaha rumah kos kosan ini begitu menggiurkan serta menguntungkan. Banyak orang memilih Usaha Kos-kosan sebagai Peluang Bisnis Menguntungkan. Bisnis kos-kosan sangat menguntungkan karena Anda akan mendapatkan penghasilan tetap dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu, alasan memilih usaha kos-kosan yang akan membuat Anda memantapkan niat adalah peluang sukses yang sangat besar. Berikut enam tips membangun bisnis kos bagi pemula dilansir dari rukita.co.

Mencari Lokasi Strategis

Memilih lokasi menjadi hal pertama yang harus Anda  perhatikan jika hendak memulai bisnis kost-kostan dan saat ini belum punya properti. Lokasi kost yang banyak menjadi favorit orang banyak biasanya dekat kampus, area perkantoran, dan pusat kota. Selain dekat dengan kampus atau kantor, Anda  bisa memilih lokasi yang dekat dengan fasilitas umum lainnya. Contohnya saja minimarket, rumah sakit, tempat makan, taman, dan halte/stasiun transportasi umum. Tidak hanya itu akses kendaraan yang mudah menuju kost juga menjadi pertimbangan utama bagi calon penghuni kost. Anda  bisa melakukan survei lapangan terlebih dahulu untuk menentukan lokasi yang strategis. Semakin strategis lokasi suatu kost, maka semakin tinggi harga yang dapat ditawarkan pada pasar. Selain membangun kost dari awal, Anda  juga bisa membeli bangunan yang sudah jadi dan merenovasi sesuai dengan keinginan.

Urus Perizinan

Tips bisnis kost  berikutnya adalah mengurus izin dan pajak terlebih dahulu. Usaha kost biasanya diatur dalam Peraturan Daerah, sehingga pajak bisnis kost akan berbeda-beda tergantung daerahnya. Ada baiknya sebelum memulai bisnis kost, terlebih dahulu Anda  berkonsultasi dengan orang yang telah memulai bisnis ini. Tidak hanya itu, Anda  juga harus membuat izin terlebih dahulu kepada pegurus RT/RW setempat.

Berikan Harga Kompetitif

Menentukan harga kost yang tepat sangat penting bagi keberlangsungan bisnis kost. Agar harga yang diberikan sesuai dengan target pasar, Anda  bisa melakukan survei terlebih dahulu pada beberapa kost-kostan di lokasi properti Anda . Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan harga, antara lain lokasi, jarak ke transportasi umum, besar ruangan, fasilitas dalam dan luar kamar, dan layanan lain yang diberikan (AC, laundry, parkir, internet, dll).

Fasilitas Utama dan Tambahan

Nah, fasilitas juga termasuk aspek yang banyak dipertimbangkan oleh calon penghuni kost. Saat memulai bisnis kost, Anda  harus benar-benar memikirkan fasilitas apa saja yang diberikan. Tidak cukup hanya memberikan fasilitas standad di dalam kamar seperti AC dan televisi, Anda  juga bisa menyediakan fasilitas tambahan. Misalnya saja memberikan layanan laundry gratis, air minum gratis, WiFi gratis, layanan cleaning service gratis. Dijamin deh, hal ini akan memberikan nilai plus bagi bisnis kost Anda !

Perhatikan Desain

Desain kost yang modern, menarik, dan aesthetic juga jadi salah satu alasan banyaknya calon penghuni kost yang memilih menyewa dalam jangka waktu yang lama. Jika dari luar saja bangunan kost sudah terlihat suram, yakin deh, banyak calon penghuni kost yang memilih meng-skip kostan Anda .  Duh, sayang banget kan? Nah, kalau Anda  bisa memberikan desain kostan dan interior ruangan yang menarik, maka bisnis kost yang Anda  punya pasti akan berlangsung lama.

Perhatikan Kebersihan, Keamanan, dan Kenyamanan

Tips bisnis kost bagi pemula adalah harus memerhatikan masalah kebersihan ruangan, keamanan, dan kenyamanan bagi tiap penghuni kost. Untuk menjaga udara tetap segar, Anda  bisa meletakkan beberapa tanaman di dalan ruangan. Anda  juga bisa menyediakan penjaga kost atau keamanan yang akan menjaga kostan selama 24 jam. Dengan begitu, penghuni kost akan merasa aman dan nyaman. Selalu jaga kebersihan kost dengan memberikan layanan kebersihan. Hal ini membuat banyak penghuni kost akan betah berlama-lama tinggal di kost Anda

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler