fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Alasan untuk Memelihara Kucing

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Tahukah Anda bahwa kucing juga memiliki manfaat kesehatan untuk pemiliknya? Memiliki kucing tidak hanya meningkatkan kehidupan sosial pemiliknya, tetapi juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berikut informasi mengenai manfaat memelihara kucing. Apa saja? Ini dia.

Memenuhi Kebutuhan akan Teman

Klaim bahwa anjing lebih penyayang daripada kucing adalah sebuah stereotip. Faktanya membuktikan bahwa kucing bisa menjadi sahabat yang sama baiknya dengan anjing, terutama bagi wanita. Pada tahun 2003, sebuah penelitian dari Austria menemukan bahwa memiliki kucing di rumah secara emosional setara dengan memiliki pasangan yang romantis. Penelitian telah menunjukkan bahwa selain sering melakukan kontak, kucing juga akan mengingat kebaikan yang ditunjukkan kepada mereka dan membalasnya di kemudian hari. Kucing benar-benar memiliki keunggulan dalam hubungan ini. Setelah proses domestikasi atau penjinakkan selama ribuan tahun, kucing telah belajar cara membuat suara setengah mendengkur yang terdengar sangat mirip tangisan bayi manusia.

Meningkatkan Imunitas

Resistensi terhadap allergen atau penyebab alergi meningkat ketika terpapar serpihan kulit  dan bulu hewan peliharaan di dalam rumah sehingga mengurangi risiko alergi dan asma.

Menurunkan Tekanan Darah

Dibandingkan pemilik non-kucing, pemilik kucing diketahui memiliki tekanan darah lebih rendah karena kehadiran kucing yang menenangkan. Sebuah penelitian dilakukan dengan mengisi ruangan penuh dengan pemilik kucing. Dalam penelitian tersebut, pemilik akan berbicara dengan suara keras, yang secara alami meningkatkan tingkat tekanan darah, tetapi saat  mengamati pemilik berbicara dengan kucing mereka, tekanan darah mereka tetap stabil.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh yang Sedang Puasa

Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular

Memelihara kucing bisa memberi efek menenangkan pada pemiliknya sehingga mengurangi tekanan darah mereka. Dampaknya, tingkat stres pemilik kucing juga menurun, yang pada akhirnya, menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Kesimpulan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota menunjukkan bahwa partisipan yang tidak memiliki kucing, sebanyak 30% kemungkinan mereka  akan meninggal karena penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang merupakan pemilik kucing. Para peneliti dari penelitian ini menyatakan bahwa pemilik anjing juga menerima manfaat yang sama. Sayangnya partisipan pemilik anjing kurang banyak yang terlibat sehingga tidak bisa mencapai kesimpulan yang sama. Lawrence McGill, ahli patologi hewan, menyatakan bahwa anjing membutuhkan lebih banyak perhatian daripada kucing sehingga bisa meningkatkan tingkat stres pemiliknya. Kucing memberikan lebih sedikit kekhawatiran dan kesulitan pada pemiliknya karena kucing lebih mandiri secara alami dan dapat merawat diri mereka dengan lebih baik.

Dengkuran Kucing Membatu Menyembuhkan Tulang

Suara dengkuran kucing adalah salah satu suara paling menenangkan di dunia. Suara tersebut tak hanya berarti kucing merasa bahagia dan nyaman, tetapi suara itu juga telah lama dihubungkan dengan kemampuan penyembuhan terapeutik pada tulang dan otot manusia. Dengkuran seekor kucing menghasilkan getaran pada frekuensi 20-140 HZ, dan penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi dalam kisaran 18-35 HZ memiliki efek positif pada mobilitas sendi setelah cedera. Para ilmuwan mulai membicarakan tentang bagaimana suara kucing dapat membantu manusia.

Berita Lainnya  Delapan Kebiasaan Yang Dapat Menambah Wawasan

Mengurangi Stres Secara Keseluruhan

Apakah Anda tahu perasaan bahagia, tenang yang Anda rasakan saat Anda menghabiskan waktu memeluk dan mengelus kucing kesayanganmu? Hal itu sebenarnya dikarenakan oleh pelepasan oksitosin dan bahan kimia lain yang berhubungan dengan kesenangan di dalam otak sehingga  menyebabkan tubuh merasa lebih tenang dan damai, mengurangi stres dan bahkan membantu menurunkan tekanan darah. Ini adalah manfaat kesehatan terbesar dan terbaik dari memiliki kucing. Sejumlah rumah sakit, panti jompo, dan sekolah menggunakan kucing terapi untuk membantu penyembuhan pasien dan peningkatan suasana hati mereka secara keseluruhan. Seekor kucing bernama Oreo yang berada di St. Augustine Health Ministries di Cleveland, Ohio, tidak hanya bertindak sebagai pendamping pasien dan rekan kerja, Oreo juga bahkan bekerja di meja depan.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler