fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Wanita akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya pasca melahirkan. Salah satu perubahan yang kerap kali membuat wanita merasa khawatir adalah pembengkakan di area kaki atau yang juga dikenal dengan nama edema tungkai. Kondisi ini sebenarnya normal dan tidak mengkhawatirkan. Namun, tetap saja kaki bengkak ini akan mengurangi rasa percaya diri karena mengganggu penampilan. Walaupun pembengkakan di kaki dapat mengecil dengan sendirinya, tetapi Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mempercepat proses pengempisan bengkak di kaki. Berikut adalah cara mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan.

Lakukan Peregangan

Pembengkakan di area kaki setelah melahirkan ini umumnya tidak disertai dengan rasa sakit. Anda masih bebas beraktivitas seperti biasa. Justru jika Anda ingin mengempiskan kaki yang bengkak, Anda tidak harus selalu duduk atau tiduran terus menerus. Sesekali lakukan peregangan dan berdiri atau jalan-jalan santai di sekitar rumah. Peregangan seperti ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga jadi lebih lancar.

Rendam Kaki di Air Hangat

Air hangat dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mencegah varises. Manfaatkan air hangat ini untuk merendam kaki yang bengkak. Untuk memberikan efek relaksasi yang lebih kuat, tambahkan minyak aromatherapy ke dalam air hangat tersebut. Pilih aroma lavender atau chamomile untuk memberikan rasa nyaman.

Berita Lainnya  Enam Tips Mengeringkan Kasur Basah Tanpa Harus Menjemur

Pakai Alas Kaki yang Nyaman

Selama kaki masih bengkak sebaiknya hindari penggunaan sepatu hak tinggi atau alas kaki yang dasarnya terlalu keras. Utamakan alas kaki yang dasarnya empuk dan nyaman di kaki Anda. Penggunaan sepatu hak tinggi atau yang ukurannya terlalu sempit hanya akan menghambat sirkulasi darah di area kaki. Bacaterus menyarankan Anda untuk memakai sandal yang empuk atau sneakers dengan ukuran yang tepat.

Perbanyak Minum Air Putih

Percayakah Anda bahwa hal-hal sederhana dapat mengurangi bengkak di area kaki setelah melahirkan? Ya, salah satu hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah memperbanyak minum air putih. Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai hubungan air putih dan kaki bengkak. Konsumsi air putih dapat membantu ginjal mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh. Sebagaimana yang kita ketahui, kaki bengkak disebabkan karena banyaknya cairan saat masa kehamilan yang tidak seluruhnya dikeluarkan oleh tubuh saat bersalin. Jadi, bantu ginjal mengeluarkan cairan tersebut dengan minum air putih lebih banyak.

Berita Lainnya  Enam Tips Agar Balita Tidur Nyenyak

Hindari Menyilangkan Kaki Saat Duduk

Sebagian orang merasa nyaman ketika menyilangkan kaki saat duduk. Bahkan, mungkin Anda juga menyukai posisi duduk bersila. Sayangnya, Anda harus menghindari kebiasaan menyilangkan kaki ketika mengalami edema.
Carilah posisi duduk yang nyaman dan usahakan kedua kaki lurus. Menyilangkan kaki hanya akan memperburuk kondisi pembengkakan lantaran aliran darah jadi terhambat akibat posisi duduk tersebut.

Pijat Kaki

Pemijatan dapat memberikan efek relaksasi yang bantu melancarkan sirkulasi darah. Ketika Anda mengalami pembengkakan di area kaki, mintalah pasangan atau terapis untuk memijat kaki Anda. Tidak perlu memijat terlalu keras, cukup beri pijatan ringan saja. Mintalah pasangan atau terapis memijat dari kaki bagian bawah hingga ke bagian atas secara lembut. Hindari penggunaan minyak aromatherapy ketika memijat dan pilih minyak dasar, seperti minyak zaitun atau minyak kayu putih saja.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler