fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Jenis Teh Unik yang Kaya Manfaat

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Jogja,(pidjar.com)–Teh adalah jenis minuman yang begitu populer di dunia. Variannya beragam bergantung dari cara dan bahan pembuatannya. Beberapa varian dari teh dikenal unik dan juga menarik. Ini karena bahan pembuatannya yang tidak umum atau cara penyeduhan tehnya yang terbilang menarik. Salah satu teh yang termasuk unik adalah teh bunga. Teh yang satu ini bisa memberikan sensasi wangi yang menyegarkan. Kenali dulu yuk aneka teh yang lain dari biasanya!

Teh Telang Biru

Meski belum begitu populer di negara kita, teh biru sudah mulai dikenal dan banyak dinikmati di berbagai negara. Minuman yang satu ini terbuat dari kembang telang atau clitoria ternatea. Dengan aroma bunga yang khas, rasa pada teh ini tidak jauh beda dari rasa teh hijau. Ada banyak manfaat pada teh biru, hal ini karena teh biru kaya akan antioksidan. Senyawa antioksidan pada bunga telang ini bisa meminimalkan kerusakan besar pada sel-sel tubuh. Teh biru mampu juga menghambat asupan glukosa dari makanan dan menurunkan gula darah. Dalam teh biru juga terkandung antosianin yang cukup tinggi. Zat yang satu ini bisa mencegah terjadinya aterosklerosis alias penyumbatan pembuluh darah. Dengan demikian mereka yang rutin mengonsumsi teh biru bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya jika aliran darahnya lancar.

Berita Lainnya  Memilih Antara Sarapan Atau Olahraga Dahulu

Teh Herbal

Varian unik berikutnya dari teh adalah jenis teh herbal. Ini merupakan sajian minuman teh yang dibuat dari paduan bunga, daun, biji, akar, atau buah kering. Kendati dinamakan teh herbal, namun minuman ini tidak mengandung daun dari tanaman teh. Pada umumnya teh herbal diseduh dengan air panas untuk mendapatkan minuman yang beraroma harum. Ada juga teh herbal yang perlu direbus lebih dulu sebelum disaring dan siap disajikan. Teh herbal bentuknya bervariasi, ada yang tersaji dalam kemasan kaleng, kantong teh, hingga kemasan kotak. Manfaat teh herbal umumnya adalah untuk minuman kesehatan. Teh yang satu ini dianggap menyehatkan karena tidak mengandung kafein.

Teh Organik

Selanjutnya ada teh organik yang juga tergolong unik. Teh ini adalah jenis teh hijau yang pembuatannya diproses dengan dipetik dan langsung dikeringkan dan bukan melalui proses fermentasi. Dari proses minimalis ini maka teh disebut sebagai teh organik di mana tehnya mampu mempertahankan segala manfaat yang terkandung di dalamnya. Teh ini digunakan baik sebagai bagian dari hidangan maupun obat-obatan herbal. Dalam teh organik terkandung antioksidan yang tinggi. Kegunaannya adalah untuk mengurangi pembentukan gumpalan darah, melawan sel kanker, dan mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Berita Lainnya  Enam Tips melatih Balita untuk Mandiri  

Teh Buah

Teh buah merupakan jenis teh yang dibuat dari campuran bumbu dan rempah ke dalam ekstrak buah, kulit buah, buah kering, dan sebagainya. Untuk jenis buahnya, ada banyak yang bisa dicampurkan dalam teh, mulai dari buah yang mudah ditemukan hingga buah yang tumbuh musiman. Teh ini berasal dari Jerman dan banyak diminum di Eropa. Teh buah memiliki manfaat untuk bisa meningkatkan kesehatan dan juga kecantikan. Kaya akan kandungan vitamin, teh ini memiliki cita rasa buah-buahan.

Teh Bunga

Ada jenis teh bunga yang tergolong unik. Biasanya teh bunga dibuat dengan cara mencampurkan bunga ke dalam ramuan teh. Ini membuat tehnya memiliki aroma khas sesuai dengan bunga yang dimasukkan ke dalam teh. Varian teh bunga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Cina selama berabad-abad. Jenis bunga yang digunakan juga sangat beragam, mulai dari bunga krisan, bunga chamomile, dan lain sebagainya. Varian teh bunga begitu beragam dan memiliki manfaatnya tersendiri bergantung jenis pembuatannya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler