fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tanaman Pengusir Lalat

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Rasanya mengganggu bukan ketika Anda ini menikmati kegiatan di luar tetapi dihinggapi oleh hewan-hewan kecil itu. Atau juga ketika Anda menikmati makanan kemudian makananmu dihinggapi lalat rasanya kesal karena selain jijik bisa juga menyebabkan penyakit. Jika itu masalah yang Anda hadapi, tak perlu khawatir. Anda cukup menanam enam tanaman berikut. Mengapa menanam tanaman menjadi solusinya? Karena tanaman-tanaman ini ampuh dalam mengusir lalat dan serangga lainnya. Apa sajakah tanaman tersebut?

Bay Leaf

Bay leaf berbeda dengan daun salam. Kedua tanaman ini berasal dari spesies dan famili yang berbeda. Tanaman ini dapat ditanam di luar musim panas tapi ketika musim dingin, bay leaf harus dimasukkan di dalam ruangan. Jika Anda tidak menanam tanaman ini, cukup pergi ke toko dan membeli bay leaf kering. Kebanyakan produk sereal tidak akan mengalami masalah ketika disimpan selama berbulan-bulan dengan bay leaf yang berfungsi untuk melindunginya. Ngengat, kecoak, dan tikus  akan menyingkir jika Anda sebarkan beberapa helai daun di rak dapur. Tampaknya lalat juga membenci bau bay leaf. Siapa yang tahu ternyata lalat memiliki saraf penciuman yang sensitif.

Marigold

Kalau Anda ingin mengusir lalat putih dari rumahmu, cobalah menanam beberapa marigold di dalam ruangan. Walaupun tumbuhan ini berfungsi lebih baik sebagai tanaman luar, Anda bisa mencoba menamam satu atau dua marigold dalam pot di dalam rumah dan berikan cukup cahaya. Selain cahaya, tanaman ini juga menyukai suhu yang hangat. Bahkan jika rumah Anda tidak pernah disinggahi  lalat putih, aroma marigold juga dapat mengusir beragam serangga lainnya. Selain itu, ekstrak dari Calendula Officinalis atau “pot marigold” yang merupakan keluarga marigold berguna untuk mengatasi eksim dan infeksi kulit. Dan bunganya yang telah dikeringkan dapat dibuat teh untuk menenangkan perut yang mengalami gangguan.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Berwisata ke Pantai

Lavender

Apakah Anda tahu jika lavender sangat ampuh digunakan untuk mengusir kutu, ngengat, lalat dan nyamuk? Lavender telah digunakan selama berabad-abad sebagai penambah aroma -aroma manis yang menyenangkan di laci pakaian dan rumah. Walaupun manusia menyukai aroma lavender, ternyata bagi lalat, nyamuk dan serangga aroma itu tidak menyenangkan dan mereka membencinya. Untuk membantu menjaga lalat masuk ke dalam rumah, tempatkan karangan bunga lavender di rumahmu. Tumbuhan ini harus ditanam di tempat yang cerah di taman. Bisa juga ditanam di dekat pintu masuk ke rumah untuk membantu menjaga daerah tersebut bebas dari hama. Anda juga bisa menggunakan minyak lavender untuk pengusir nyamuk. Selain dapat dioleskan di kulit yang terpapar ketika berada teras atau kebun, tanaman ini juga memiliki manfaat tambahan. Minyak lavender memberi nutrisi pada kulit dan memiliki efek menenangkan yang membuat cepat tidur.

Berita Lainnya  Pameran Seni Artspace ARTOTEL Suite Bianti Usung Tema Mana Tahan

Tansy

Tansy adalah tanaman cantik dan mudah untuk ditanam. Daun Tansy yang kering maupun segar dapat digunakan dalam sebagai bahan semprotan yang ampuh. Namun daun kering akan lebih baik digunakan untuk semprotan karena membuat penolak yang lebih kuat disebabkan minyak akan lebih terkonsentrasi. Pembuatan semprotan ini cukup mudah. Rendam daunnya dalam air panas sebelum didinginkan dan disaring untuk dimasukkan ke dalam botol semprot. Bisa juga ditambahkan penolak lalat lainnya, seperti lavender ke dalamnya.  Tansy paling baik digunakan dengan mengekstraksi minyak dan mengubahnya menjadi semprotan yang dapat digunakan pada tubuhmu atau di daerah tempatmu tinggal. Anda bisa menyemprotkan tansy di sepanjang kusen pintu atau kusen jendela yang menjadi jalan masuk bagi lalat. Perlu diketahui bahwa tanaman ini bisa beracun jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Ada laporan tentang ternak jatuh sakit dan bahkan mati sesudah memakan tanaman dalam jumlah besar. Pastikan untuk menanam tansy di dalam wadah karena tansy mereproduksi melalui akarnya.

Basil

Tanaman basil yang sehat akan terlihat bagus ditempatkan di jendela dapur yang cerah dan memberikan aroma yang enak ke dalam ruangan disamping dapat mengusir lalat liar. Selain cahaya langsung, tanaman basil perlu disiram secara teratur, sedikit semprotan air dari botol semprot yang dilakukan sesekali tidak akan berbahaya bagi tanaman ini. Tumbuhan ini tidak rewel dan jika tanah di atasnya mengering, hal itu tidak akan menjadi bermasalah. Sebagai tanaman tahunan, basil akan menghasilkan tangkai bunga kecil di akhir musim panas sehingga bijinya dapat diambil. Untuk membuat basil hidup lebih lama, potong bunga segera sesudah tumbuhan ini mulai berkembang. Basil memiliki beberapa varietas dan banyak aroma unik seperti kayu manis, lemon dan licorice. Tiap varietas akan berfungsi untuk pengendalian serangga. Selain itu, daun basil segar dapat juga digunakan dalam masakan.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Pitera Untuk Kulit Wajah

Daun Mint

Karena tanaman mint dapat tumbuh cukup besar, Anda akan membutuhkan pot berukuran besar. Tanaman ini juga membutuhkan banyak ruang yang disinari sinar matahari, baik langsung ataupun tidak langsung. Momen yang terbaik bagi daun mint adalah di pagi hari yang cerah dan kemudian saat cahaya mulai berkurang di sisa hari itu. Agar tanahnya tempat tumbuh mint tidak kering, beri air yang cukup. Usahakan untuk sering memangkas tanaman mint atau tanaman ini akan tumbuh lebih cepat melebihi tempatnya. Saat memilih mint untuk tanaman hias, pilih satu jenis dengan aroma terkuat. Spearmint adalah pilihan yang bagus.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler