fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima  Manfaat Membacakan Buku Ensiklopedia untuk Anak-anak

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Masa anak-anak adalah masa di mana mereka mulai menyerap pengetahuan tentang dunia. Orang tua memiliki peran penting atas tumbuh kembang seorang anak. Survei membuktikan bahwa 80% proses pembelajaran anak adalah dari mengamati tingkah laku orang sekitar mereka. Oleh sebab itu, orang tua harus memberikan contoh yang baik agar anaknya mendapat pemahaman yang baik pula. Orang tua bisa membantu anak-anak memahami dunia dengan cara yang sederhana seperti membacakan dongeng, menyanyikan lagu, dan mengenalkan buku ensiklopedia kepada anak.

Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Banyak sekali hal-hal baru yang dapat diketahui oleh anak melalui ensiklopedia. Dengan adanya ensiklopedia, orang tua tidak perlu bingung mau mengajarkan apa kepada sang anak karena banyak sekali topik menarik yang dapat ditemukan dalam buku ensiklopedia ini. Contohnya saja adanya dua musim yang tidak ditemukan di Indonesia tetapi ada di negara lain, seperti musim salju dan musim semi. Ini akan mejadi pemahaman baru yang bisa diketahui oleh sang anak meski tidak melihatnya secara langsung.

Menumbuhkan Rasa Ingin Tahunya

Ketika seorang anak sudah mulai tertarik pada hal baru, mereka akan terus menggali dan mencari tahu hal-hal yang mungkin bersangkutan dengan apa yang mereka sukai. Ini adalah kunci bagi sang anak untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak lagi. Misalnya, mereka mengetahui tentang dua musim yang sebelumnya tidak diketahui, otomatis mereka pasti akan mencari tahu negara mana saja yang memiliki musim tersebut atau kapan musim itu terjadi.

Sebagai Bahan Bacaan

Dengan membaca, anak akan bisa mengetahui banyak hal baru yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Membaca juga bagus untuk pola pikir anak yang nantinya lebih terbuka terhadap dunia luar dan pengetahuan baru. Tidak hanya itu, melalui ensiklopedia, orang tua juga bisa mengajarkan tentang kehidupan sehari-hari kepada anak, mulai dari kegiatan sosial, tata krama, kesehatan, hingga emosi. Namun, kadang rasa malas bisa menyebabkan anak tidak mau membaca. Nah, karena ensiklopedia ini dikemas ringkas dengan pilihan kata dan kalimat yang menarik, anak-anak tidak akan mudah merasa bosan untuk terus membaca dan imajinasi yang dimilikinya pun akan semakin terasah.

Jawaban untuk Pertanyaan Anak yang Kadang di Luar Dugaan

Karena daya imajinasi anak yang sangat luar biasa, akan muncul pertanyaan-pertanyaan di luar dugaan ketika mereka mulai mempelajari sesuatu. Sebagai orang tua, kita harus mampu memberikan jawaban yang logis agar anak mampu memahami apa yang sedang mereka tanyakan. Sayangnya, tidak semua pertanyaan anak bisa dijawab dengan mudah sehingga seringkali membuat para orang tua jadi kebingungan. Dengan adanya ensiklopedia anak yang menyediakan pembelajaran tentang dunia, tentunya akan sangat membantu para orang tua untuk memberikan pemaparan yang valid kepada sang anak.

Membantu Anak Mengerjakan Tugas Sekolah

Tugas adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh anak saat masuk sekolah. Banyak sekali pertanyaan yang sulit untuk dipecahkan oleh anak meski sudah belajar keras di sekolah. Dengan adanya buku ensiklopedia, anak akan mendapatkan sumber baru sebagai rujukan yang bisa mempermudah mereka dalam mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Ensiklopedia ini akan menjadi rujukan valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler