fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Jenis Tanaman Obat Pereda Sakit

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Konsumsi obat-obatan modern tergolong lebih ampuh dan praktis. Namun, konsumsi dalam jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, Anda bisa dibilang beruntung tinggal di Indonesia, pasalnya di tanah air ini ada banyak jenis tanaman obat yang terkenal ampuh sejak dulu. Tanaman obat mudah ditemukan di sekitar lingkungan. Konsumsi jangka panjang pun tidak akan menimbulkan efek samping. Jadi, tidak ada salahnya kan kalau kita kembali mengandalkan sejumlah jenis tanaman obat. Mau tahu jenis tanaman obat yang paling bermanfaat meredakan sakit? Simak daftarnya, yuk!

Jahe Yang Disukai Banyak Orang

Jahe adalah jenis tanaman obat yang disukai banyak orang karena rasanya nikmat dan menghangatkan. Jenis tanaman obat ini memiliki rasa yang pedas dan hangat. Jahe paling bermanfaat untuk meredakan masuk angin dan perut kembung. Hangatnya jahe juga ampuh untuk melegakan tenggorokan orang batuk. Cara memanfaatkan jahe sebagai obat sangat mudah. Cukup direbus dengan air dan tambahkan gula. Selain dijadikan obat, jahe juga dapat diolah menjadi bumbu masak dan aneka hidangan.

Kumis Kucing Si Jenis Tanaman Obat Yang Tumbuh Liar

Menemukan jenis tanaman obat ini sangat mudah. Pasalnya, bentuk tanaman ini mirip dengan kumis kucing sungguhan. Jenis tanaman obat ini terkenal bermanfaat redakan sakit kencing batu, ginjal, dan asam urat. Kandungan yang ada di dalamnya adalah garam kalium, flavonoidorthosiphon, dan rosmarinic acid. Dengan minum air rebusan kumis kucing secara rutin, racun dalam tubuh akan dikeluarkan lewat air seni.

Berita Lainnya  Lima Manfaat Memakai Bedak Dingin

Daun Sirsak Yang Tengah Populer

Pada zaman dulu, daun sirsak dikenal ampuh untuk mengatasi asam urat. Namun belakangan ini, daun sirsak tengah populer sebagai obat kanker. Menurut penelitian, jenis tanaman obat ini mengandung annocatalin, asam linoleat, vitamin A, vitamin C, dan acetogenin. Cara mengolahnya adalah dengan memilih daun sirsak yang sudah tua, kemudian potong-potong dan rebus. Setelah itu, rutinlah meminum air rebusan tersebut. Jenis tanaman obat ini bisa ditanam di halaman rumah. Anda pun lebih mudah mendapatkannya. Ketika berbuah, bisa dinikmati juga buahnya.

Lidah Buaya Yang Kaya Manfaat

Jenis tanaman obat lidah buaya sudah terkenal di kalangan wanita. Tanaman ini terkenal ampuh untuk menyejukkan kulit yang terbakar dan mengurangi noda bekas luka. Lidah buaya juga sering dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut. Untuk urusan penyakit dalam, jenis tanaman obat ini bermanfaat mengatasi panas dalam, batuk, menurunkan kadar gula, meningkatkan imun, antiinflamasi, dan antibakteri. Bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah dagingnya. Anda bisa merebusnya hingga kenyal, kemudian memakannya.

Berita Lainnya  Enam Efek Bahaya Membersihkan Make Up dengan Tisu Basah

Daun Cincau Ternyata Banyak Manfaatnya

Hidangan cincau yang biasa disajikan dengan gula dan es bukanlah hal yang asing di Indonesia. Banyak orang menikmatinya di saat cuaca begitu panas. Tapi apakah Anda tahu kalau daun cincau tersebut memiliki banyak manfaat? Daun dari jenis tanaman obat ini mengandung magnesium, kalsium, dan fosfor. Penyakit yang bisa diredakannya adalah asam lambung, diabetes mellitus, hipertensi, tumor, diare, tipes, dan keracunan seafood. Konsumsi secara rutin bisa mencegah tulang terserang osteoporosis.

Kunyit, Jenis Tanaman Obat Merangkap Bumbu Dapur

Terakhir ada kunyit, salah satu jenis tanaman obat sekaligus bumbu dapur untuk makanan populer seperti nasi kuning dan gulai kepala ikan. Kunyit sebagai jenis tanaman obat terkenal bermanfaat untuk meredakan penyakit lambung, nyeri haid, dan asam urat. Untuk merasakan manfaatnya, Anda perlu mengupas kunyit kemudian menghaluskannya. Campurkan dengan air, lalu peras. Air kunyit bisa dinikmati dengan tambahan asam, gula, dan jahe.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler