fbpx
Connect with us

Uncategorized

Nongkrong di Warung pada Jam Belajar, 10 Siswa Terjaring Razia Satpol PP

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gunungkidul melakukan penyisiran di sekitar kota Wonosari, untuk melakukan penertiban terhadap pelajar-pelajar yang berkedapatan membolos. Senin (23/09/2019) kemarin, petugas berhasil menjaring 10 pelajar laki-laki yang justru berkeliaran di luar sekolah dan tidak mencerminkan pelajar yang baik.
Kasi Lidik Bidang Penegakan Perda, Satpol PP Gunungkidul, Tri Sugiar mengungkapkan Senin kemarin pihaknya menerjunkan sejumlah anggota untuk melakukan penyisiran. Didapati di beberapa warung yang berada di pinggir jalan dan letaknya agak tertutup terdapat beberapa pelajar yang tengah asyik nongkrong.
“Kemarin sasaran kami di dalam kota dan sekitar. Untuk penertiban pelajar yang berada di luar sekolah pada jam pembelajaran,” kata Tri Sugiar, Selasa (24/09/2019).
Adapun untuk mereka yang berhasil dijaring oleh petugas yakni tidak hanya dari satu tempat yang dilakukan penyisiran. Melainkan dari beberapa warung yang ada di pusat kota dan sekitarnya. Selepas terjaring oleh Satpol PP Gunungkidul, para pelajar tersebut dilakukan pembinaan oleh petugas, dan selanjutnya diminta untuk membuat surat pernyataan.
“Kegiatan kami ini bedasarkan laporan dari masyarakat jika terdapat pelajar yang justru bolos di jam pelajaran. Perilaku semacam ini dianggap menyimpang dan tidak mencerminkan sebagai pelajar Gunungkidul yang baik dan tertib,” tambah dia.
Dari Satpol PP sendiri hanya melakukan tugas, untuk sementara belum berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga maupun dengan Balai Dikmen. Sehingga untuk sanksi sendiri tidak diterapkan, hanya membuat jera para pelajar dengan diminta menandatangani surat pernyataan.
“Himbauan dan pembinaan pasti ada. Harapan kami dengan diberi peringatan seperti ini nantinya mereka tidak mengulang dan berpikir jika akan melajukan bolos sekolah dan justru nongkrong,” papar dia.
Ia tidak menampik jika para pelajar ini memberikan berbagai alasan hingga akhirnya mebgakui jika sedang membolos dan justru melakukan aktifitas lain diluar sekolah. Untuk kegiatan semacam ini, penertiban anak sekolah yang bolos terus dilakukan oleh petugas Satpol PP Gunungkidul. Selain menegakkan aturan, kegiatan ini juga diharapkan mampu menekan tindakan-tindakan yang tidak diinginkan terjadi di Gunungkidul.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler