fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Mengkonsumsi Daun Seledri Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Daun seledri bukanlah daun yang asing lagi. Daun ini kerap kali digunakan sebagai bahan makanan serta sering dikonsumsi. Namun tahukah Anda bahwa daun ini juga terkadang digunakan sebagai tananman obat? Faktanya, daun seledri sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Daun ini sudah digunakan sebagai tanaman obat sejak ratusan tahun yang lalu oleh bangsa romawi, lho. Yuk kita bahas manfaat-manfaat daun seledri bagi kesehatan dan kecantikan!

Kolestrol

Tahukah Anda bahwa daun seledri dapat membantu mengobati penyakit kolestrol? Ya, seledri bermanfaat menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh Anda. Caranya cukup sederhana, Anda hanya harus mengonsumsi beberapa daun seledri setiap hari secara rutin, dan kadar kolestrol Anda pun akan berangsur-angsur turun. Oleh karena itu, daun seledri sangat baik bagi Anda yang mengidap penyakit kolestrol.

Hipertensi

Selain dapat menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh, daun seledri juga sangat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai penyakit hipertensi atau darah tinggi. Ini karena daun seledri mengandung phtalides yang telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah sampai 14%. Senyawa ini lah yang merupakan asal dari aroma unik yang dimiliki daun seledri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai mengonsumsi daun seledri setiap hari untuk menjaga tekanan darah Anda.

Berita Lainnya  Lima Makanan yang Mampu Menaikkan Asam Lambung

Radang Otak

Tahukah Anda bahwa selain dapat menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah di dalam tubuh, daun seledri juga terbukti dapat menurunkan resiko terjadinya peradangan otak, lho. Seiring bertambahnya usia, maka resio terjadinya radang otak cenderung meningkat. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi daun seledri untuk mengatasi hal ini. Di dalam daun seledri terkandung luteolin yang ampuh dalam menurunkan resiko radang otak. Silahkan dicoba!

Diet
Bentuk tubuh yang ideal tentunya akan membuat Anda terlihat lebih cantik. Daun seledri juga mempunyai manfaat yang dapat membantu proses diet Anda, lho! Faktanya, sudah terbukti bahwa dengan membuat jus dari seledri, Anda dapat menurunkan berat badan Anda. Ini disebabkan oleh kemampuan daun seledri untuk melarutkan lemak, sehingga berat badanpun bisa turun. Hebat sekali ya, daun seledri ini.

Demam

Selain dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dan berat badan, daun seledri juga dapat mengobati demam, lho. Caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu menumbuk daun seledri sampai halus, kemudian oleskan atau taruhlah air hasil tumbukkan tersebut ke kepala Anda. Air tersebut mempunyai kemampuan untuk mendinginkan, sehingga jika Anda sedang terkena demam, Anda dapat memakainya untuk menurunkan suhu tubuh Anda.

Berita Lainnya  Delapan Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Daki  

Parkinson dan Stroke

Manfaat lainnya dari daun seledri adalah, daun seledri dapat digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson dan stroke. Sebuah penelitian yang dilakukan di universityas Suzhou, china menyatakan bahwa seledri bermanfaat menurunkan kerusakan yang dapat terjadi pada saraf akibat penyakit stroke dan Parkinson. Luar biasa sekali bukan? Jika Anda memiliki keluarga yang menderita penyakit ini, Anda dapat menyarankan kepada mereka untuk mulai mengonsumsi daun seledri.

Kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang karena dapat berujung pada kematian. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyatakan bahwa seledri terbukti bermanfaat melawan kanker yang terjadi pada ovarium. Ini karena seledri mengandung senyawa yang bersifat anti kanker, seperti missalya senyawa paliasetilen dan phthalides. Selain kedua senyawa ini, ada banyak senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler