fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Makanan Manis dari Olahan Tepung Terigu

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Tepung tergu memang memiliki arti penting dalam kuliner Indonesia. Banyak jenis makanan yang tercipta dari bahan dasar satu ini. Camilan manis adalah salah satu di antaranya. Terdapat camilan manis yang dibuat dari tepung terigu yang enak rasanya. Apa saja makanan tersebut, ini dia ulasannya.

Martabak Manis

Martabak manis merupakan salah satu jenis martabak. Salah satu camilan dari tepung yang amat populer di Indonesia. Pada makanan ini, tepung terigu sebagai bahan dasar bakal dijadikan adonan bersama bahan-bahan lainnya, seperti telur, gula pasir, baking powder, susu bubuk, dan air.

Nastar

Kalau kue satu ini sangat familiar di telingamu, dan sering muncul saat Idul Fitri tiba. Ciri khas kue ini adalah bentuknya yang bulat kecil, berwarna kuning, memiliki taburan keju di atasnya, serta memiliki isian berupa nanas. Kadangkala, bagian atas kue ini diberi hiasan berupa cengkeh. Menurut sejarah, kue ini ternyata sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Nama nastar sendiri merupakan singkatan dari dua kata bahasa Belanda, yaitu: Ananasi (nanas), dan Taartitartipie (kue tart).

Berita Lainnya  Delapan Tips Memberikan Obat Pada Si Kecil

Bakpao Manis

Bakpao merupakan olahan tepung terigu sekaligus salah satu kuliner warisan kebudayaan Tiongkok. Makanan ini memiliki ciri khas berupa bentuknya yang bulat kecil, serta warnanya yang keputihan. Bakpao sendiri umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu: bakpau asin dan bakpau manis. Khusus untuk bakpao manis, jenis bakpao ini punya banyak varian. Terutama, dari segi isiannya. Beberapa varian bakpao manis sendiri adalah bakpao manis kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, dan kelapa.

Kue Chiffon

Kue Chiffon adalah sebuah kue yang sering menjadi alternatif kue ulang tahun. Selain kue tart dan black forest. Cara membuat kue ini dimulai dari mengayak tepung terigu, lalu mencampurkannya dengan sejumlah bahan, seperti gula, baking powder, dan sebagainya. Kue Chiffon umumnya berwarna cokelat muda di bagian luarnya, dan berwarna kekuningan di bagian dalamnya. Di Indonesia, kue ini sudah tersedia dalam berbagai rasa. Mulai dari rasa pandan, hingga rasa keju.

Donat

Camilan manis dari tepung terigu ini memanglah bukan asli Indonesia. Namun, camilan ini kian populer dari bisa ditemukan di mana pun. Mulai dari pedagang kaki lima hingga kafe. Donat sendiri terbuat dari tepung terigu yang dicampur sejumlah bahan, dibentuk bulat dan diberi bolong di bagian tengah, serta digoreng. Bagian atas makanan ini biasanya bakal diberi topping yang manis. Topping manis yang sering dipakai pada makanan ini adalah meses cokelat, gula, dan selai. Dari segi bentuk, donat mengalami perkembangan seiring waktu berjalan. Kini, donat tak hanya berbentuk bulat semata. Ada pula donat berbentuk kuku beruang, berbentuk persegi panjang, hingga berbentuk seperti tali berpilin.

Berita Lainnya  Lima Bahan Alami Pembersih Kuku

Kue Cubit

Camilan ini merupakan kue basah yang dulu sempat ngehits di Bandung. Kue ini dibuat dari campuran tepung terigu dan susu, serta bahan-bahan lainnya. Campuran bahan tersebut lantas dimasak ke dalam sebuah cetakan baja berbentuk bulat. Ada dua cara menyantap kue ini. Pertama, dengan memakai tangan secara langsung. Dan yang kedua, dengan menggunakan sumpit. Kue ini memiliki varian rasa yang beragam. Mulai dari rasa cokelat, kecu, hingga green tea dan red velvet.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler