fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Membasmi Rumput Liar

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Rumput liar dapat tumbuh di mana saja, baik di halaman rumah atau pun di kebun. Tak hanya tumbuh di tanah, rumput liar juga dapat tumbuh menyembul dari sela-sela paving. Keberadaan rumput liar ini cukup mengganggu pemandangan, apalagi jika Anda termasuk seorang yang selalu menjaga kerapian taman. Rumput liar yang sudah dicabut dapat tumbuh lagi dengan sendirinya. Berikut lima tips membasmi rumput liar.

Bensin

Cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi bisa menggunakan bahan kimia yang sangat keras, seperti bensin. Bahan bakar mesin ini mengandung zat kimia yang dapat membasmi rumput liar dan mencegahnya tumbuh kembali. Namun, perlu Anda ingat bahwa penggunaan bensin untuk membasmi rumput liar ini dapat mencemari tanah dan tanaman lainnya, kecuali Anda tidak ingin menggunakan tanah tersebut untuk bercocok tanam lagi. Campurkan bensin jenis apapun dengan garam, pupuk urea, dan sabun cuci (boleh sabun cair cuci piring atau deterjen). Aduk semua bahan tersebut menjadi satu, lalu campurkan dengan air secukupnya. Semprotkan ramuan bensin pada tanaman liar atau gulma, dalam waktu semalam rumput liarnya akan mati. Larutan bensin ini bisa menjadi pengganti herbisida jika Anda kesulitan menemukan produk pembasmi gulma tersebut. Racun kimia yang dihasilkan larutan bensin ini hampir sama mematikannya dengan herbisida.

Garam

Berita Lainnya  Enam Anime Bertema Musik

Tak ingin menggunakan bahan-bahan kimia yang berbau menyengat? Tak masalah, karena ada cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi yang mengandalkan bahan alami yang aman, yaitu garam. Garam yang biasanya Anda manfaatkan untuk memasak kini bisa dipakai untuk membasmi rumput liar. Cara membasmi rumput liar dengan garam sangat mudah karena Anda hanya perlu menaburkan garam secukupnya ke rumput liar dan area sekitarnya. Akan tetapi, cara ini tidak secepat membasmi rumput liar dengan bensin. Garam akan menyerap kandungan air di rumput liar dan tanah sekitarnya sehingga lama kelamaan rumput liar akan mati karena mengering.

Herbisida

Ingin membasmi rumput liar dengan cepat dan tuntas hingga ke akar-akarnya? Cobalah menggunakan herbisida. Sekedar informasi, herbisida adalah produk pemberantas gulma yang biasa dipakai untuk kebutuhan pertanian. Produk herbisida banyak dijual di toko tanaman dan pertanian. Cara kerja herbisida adalah meracuni gulma dengan masuk melalui daun dan meresap hingga akar gulma. Rumput liar yang sudah terkontaminasi herbisida akan mati dengan sendirinya. Biasanya, rumput liar tidak akan tumbuh kembali jika Anda menggunakan herbisida ini. Kalau pun tumbuh kembali, butuh waktu yang lama bagi rumput liar agar bisa tumbuh pasca dibasmi dengan herbisida.

Berita Lainnya  Minuman-minuman Ini Cocok Diminum Saat Udara Dingin

Cuka

Tak perlu bingung mencari cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi. Selain garam, Anda juga dapat memanfaatkan cuka yang biasa dipakai untuk makan atau memasak, lho. Cairan dengan kandungan asam yang sangat tinggi ini terkenal dapat membasmi gulma hanya dengan satu kali pemakaian saja. Sebelumnya, Anda harus mencampur cuka dengan sabun cair pencuci piring terlebih dahulu. Apabila kedua bahan ini sudah tercampur rata, semprotkan pada rumput liar yang ingin dibasmi. Tidak perlu menyemprot akarnya, cukup semprot daun-daunnya saja. Kandungan acetic acid di dalam cuka akan mematikan rumput liar secara perlahan tapi pasti. Sementara sabun cair pencuci piring dapat membuat cuka melekat pada dedaunan rumput liar.

Air Panas Mendidih

Jika tidak sempat membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk membasmi rumput liar, Anda hanya perlu menjaring air sampai mendidih. Kemudian, ketika baru mendidih segera siramkan air panas tersebut ke rumput liar yang ingin dibasmi. Suhu tinggi dari air panas yang Anda siramkan akan langsung membunuh rumput liar langsung ke akarnya. Agar lebih hemat penggunaan air dan gas, Anda boleh menggunakan air panas bekas rebusan telur, mie instan, dan lain-lain.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler