fbpx
Connect with us

Uncategorized

22 Tahun Support Perkembangan Ekonomi Masyarakat, Aset BMT Dana Insani Capai 92,7 Miliar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– BMT Dana Insani merupakan salah satu koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah yang sudah 22 tahun berdiri. Eksistensi koperasi ini pun kian melejit dengan sejumlah program yang diterapkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat Gunungkidul. Puluhan tahun berkiprah pada bidang keuangan, aset BMT Dana Insani mencapai Rp. 92,7 miliar.

Ketua Pengurus KSPPS BDI Kurniawan Fahmi mengatakan, di tengah kondisi yang saat ini muncul banyak sekali koperasi-koperasi yang dengan mudah memberikan pinjaman terhadap nasabahnya. Tentunya dengan bunga yang cukup tinggi serta dengan berbagai kemudahan. Ketatnya persaingan tak menyurutkan BMT Dana Insani tetap hadir di tengah-tengah masyarakat, persaingan yang adapun disikapi dengan bijak.

Berita Lainnya  Nongkrong di Warung pada Jam Belajar, 10 Siswa Terjaring Razia Satpol PP

Adapun upaya yang dilakukan oleh BMT Dana Insani adalah dengan meningkatkan layanan transformasi teknologi yang memudahkan anggota, meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan kapasitas SDM serta Tata Kelola Kelembagaan yang menerapkan prinsip Good Coorporate Governance. Terbukti hampir 23 tahun ini, asetnya mencapai Rp. 92,7 miliar dengan jumlah anggota sebanyak 8.347 orang yang tersebar di wilayah Gunungkidul.

“Kami upayakan terus meningkat. Target kami di tahun 2024 semua yang mendapatkan layanan di BDI harus menjadi anggota karena BDI merupakan koperasi yang menganut sistem Close Loop dan menargetkan pertumbuhan asset di atas 100 Milyar pada tahun-tahun berikutnya,” kata Fahmi.

Pendampingan dan pemberdayaan anggota pun juga tersud dilakukan. Salah satu kelompok pemberdayaan yang cukup berhasil mensejahterakan adalah budidaya lele di Kapanewon Semin. Sebagian kebutuhan ikan lele di wilayah Gunungkidul dicukupi oleh kelompok ini.

Berita Lainnya  Serunya Jogja Swing, Wisata Adrenalin yang Patut Dicoba di Pantai Nguluran

Kedepan BMT Dana Insani juga dapat terus mendapatkan pembinaan oleh pihak terkait seperti Dinas Koperasi & UKM Provinsi dan Pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul.

“Peran serta anggota, peran serta pihak-pihak lainnya kami berharap kedepan dapat terus memberikan support dan dukungan untuk BMT Dana Insani,” harap Fahmi.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta yang hadir pad Rapat Anggota Tahuban berharap kedepan BMT Dana Insani dapat terus memberikan bantuan untuk para anggota utamanya dalam hal pendaan dan pengembalian secara bertanggung jawab serta dapat berjalan dengan baik.

“Koperasi menjadi soko guru memang benar, dan perkembangan koperasi diera saat ini tentunya berkembang juga regulasinya menyesuaikan dengan perkembangan jaman,” kata Sunaryanta.

“Regulasi yang ada terus diperbarui sesuai dengan perkembangan harapannya penyesuaian-penyesuaian tersebut dihadirkan sebagai upaya untuk keseimbangan perekonomian,” tutup dia.

Berita Lainnya  Pemkab Segera Atur Jam Operasional Swalayan

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler