fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Ikan Bawal bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Banyak orang yang membudidayakan ikan bawal karena masyarakat senang mengonsumsinya. Ikan bawal bisa dibuat menjadi berbagai resep makanan, seperti ikan bawal bakar, ikan bawal goreng asam manis, ikan bawal crispy atau dijadikan gulai ikan bawal. Bukan hanya enak tapi ikan bawal sebagai sumber protein hewani punya banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ikan memiliki kandungan protein hewani baik yang bisa berguna dalam mendukung pertumbuhan di segala usia. Baik ikan laut maupun ikan tawar mempunyai kandungan yang sama-sama bisa meningkatkan kecerdasan otak. Ikan bawal yang hidup di air tawar menjadi salah satunya. Kandungan omega-3 lah yang membuat kecerdasan otak meningkat. Selain kandungan omega-3, ikan bawal juga mempunyai kandungan protein dan vitamin yang membantu kecerdasan otak. Orang Jepang dianggap mempunyai kecerdasan di atas rata-rata karena mereka gemar menyantap ikan. Namun cara memasak ikannya perlu diperhatikan juga, salah-salah malah bisa membuat zat yang kontraproduktif pada tubuh.

Mencegah Penyakit Kolesterol

nyakit kolesterol merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup. Tingkat kolesterol dalam darah melewati kadar normal dan akhirnya mempengaruhi kesehatan. Kolesterol sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh tapi kalau jumlahnya berlebihan maka bisa mengendap dan menyebabkan aliran darah terhambat. Ikan bawal mempunyai kandungan lemak tak jenuh, minyak ikan dan kolesterol yang bersifat baik. Kandungan itu dapat menghambat lemak jahat dalam tubuh sehingga jumlah kadar kolesterol dalam tubuh tetap terjaga.

Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan ukuran kekuatan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Naik dan turunnya tekanan darah bergantung pada gaya hidup kita. Indikatornya adalah aktivitas fisik, kondisi emosional dan makanan yang kita konsumsi. Kesalahan menjalani gaya hidup bisa memicu darah tinggi atau hipertensi dan juga darah rendah atau hipotensi. Ikan bawal mempunyai kandungan zat besi yang membuat tekanan darah dalam keadaan yang stabil. Kurangnya zat besi dapat mengakibatkan anemia. Ketika anemia terjadi akan berpengaruh pada tekanan darah yang ujungnya jantung nggak bisa memompa darah dengan baik. Selain zat besi, ikan bawal juga mengandung omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengurangi Risiko Stroke

Stroke terjadi karena pasokan darah yang menuju otak terganggu sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Stoke bisa muncul karena gaya hidup yang nggak sehat seperti berat badan yang berlebihan, tubuh yang kurang aktif bergerak, konsumsi alkohol berlebihan dan konsumsi obat-obatan terlarang. Stoke merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak. Untuk mengurangi risiko stroke maka kita bisa mengonsumsi ikan bawal. Semakin banyak mengonsumsi ikan maka risiko terkena stroke pun akan semakin menurun. Omega-3 yang terkandung dalam ikan bawal bersama vitamin D dan selenium menjadi kandungan yang bisa menurunkan risiko terkena stroke. American Heart Association menyarankan agar kita makan ikan minimal dua kali dalam seminggu.

Mencegah Peradangan Otak

Peradangan otak terjadi karena adanya peradangan pada jaringan otak yang dapat mengganggu fungsi saraf. Radang otak bisa terjadi akibat infeksi virus, bakteri atau jamur. Peradangan otak sering terjadi pada anak-anak dan lansia karena sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah. Penyakit ini merupakan penyakit serius yang dapat mengancam nyawa.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler