fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Menata Taman Halaman Rumah

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Menata taman pada halaman rumah sudah sepatutnya dijadikan keperluan untuk menjaga estetika rumah secara keseluruhan. Di era lahan yang semakin mahal dan terbatas,  sangat menyarankan untuk memanfaatkan sisa lahan taman depan rumah yang tersedia. Menata taman  rumah, walaupun kecil dan terbatas, bisa memberikan sentuhan yang segar dan asri pada penampakan depan rumah. Ingin menata taman depan rumah yang efektif dan efisien? Ayo, simak dulu 7 cara berikut ini!

Hijaukan Mata, Segarkan Suasana

Mungkin, kamu ingin menata taman depan rumah menjadi kebun bunga dengan ragam warna yang indah. Namun, usahakan hijau tetap menjadi tema warna untuk taman depan rumah. Prioritaskan tanaman hijau yang mudah dipelihara saat menata taman depan rumah. Warna hijau baik untuk kesehatan penglihatan dan dapat menimbulkan kesan asri dan sejuk pada tampak depan rumah.

Pot Gantung, Solusi Efektif

Karena lahan terbatas, menata taman depan rumah yang efektif bisa menggunakan solusi pot gantung yang sangat hemat tempat. Tanam tanaman hias dalam pot gantung dan cantolkan pada langit-langit teras rumah, dinding atau pagar taman. Variasi pot gantung yang cantik tentu akan membuat usaha menata taman depan rumah kian sukses.

Berita Lainnya  Mencicipi Olahan Bulu Babi, Hewan Laut yang Memiliki Cita Rasa Unik

Manfaatkan Sudut secara Maksimal

Menata taman depan rumah yang kecil bisa disiasati dengan memaksimalkan ruang sudut taman. Cara ini baik supaya taman kecil tetap terasa lenggang di bagian tengah, namun tetap ada suasana taman yang asri di setiap sudut taman depan rumah. Taman kecil di sudut taman depan rumah boleh juga dihiasi dengan berbagai bunga, batu, dan tanaman hias, misalnya bunga sepatu dikombinasikan dengan bunga mawar, sukulen, serta batu alam. Menata taman depan rumah tentu perlu diselaraskan jika ingin taman kering di depan rumah agar keseluruhan estetika taman tetap terjaga,

Teknik Edging untuk Pembatas Jelas

Edging adalah memberi marka atau pembatas pada sebuah area yang berfungsi untuk memperjelas daerah tersebut. Biasanya, bahan edging yang digunakan dalam menata taman depan rumah berbentuk material padat seperti batu, bata atau bahan solid lainnya. Dalam menata taman depan rumah yang sempit, edging bisa memberi kesan yang jelas, indah dan teratur. Hasilnya, menata taman depan rumah menjadi lebih mudah dan taman terlihat lebih nyaman.

Berita Lainnya  Lima Makanan yang Mampu Menaikkan Asam Lambung

Hadirkan Vertical Garden yang Cantik

Jangan putus asa kalau tidak tersedia banyak lahan dalam menata taman depan rumah. Vertical garden bisa menjadi solusi untuk menata taman depan rumah yang unik walaupun dengan lahan terbatas. Sesuai namanya, taman ini hadir dalam wujud vertikal dan sering menempel pada pagar atau dinding di area depan rumah. Semua tempat menanam dapat dikontruksi secara khusus dan mudah dipindah-pindah untuk menyesuaikan dengan ruang yang tersedia. Urusan menata taman depan rumah pun menjadi semakin mudah.

Makin Gaya dengan Pencahayaan

Menata taman depan rumah bukan hanya soal lahan atau tumbuhan, tetapi dekorasi yang tepat. Lighting atau pencahayaan juga berpengaruh besar pada penampilan taman depan rumah. Lampu pijar pada titik-titik strategis bisa menjadi kunci pencahayaan yang tepat agar taman depan rumah tidak terlihat sempit. Penerangan taman depan rumah tentu akan mempercantik tampilan rumah pada malam hari dan membantu memberikan ilusi luas pada taman depan rumah.

Berita Lainnya  Lajolie Aesthetic Luncurkan Eye Bag Removal Treatment dalam Perayaan Anniversary

Utamakan Kebersihan Area Taman Rumah

Hal yang tidak boleh lalai diperhatikan dalam menata taman depan rumah adalah soal kebersihan. Taman depan rumah yang terlihat bersih otomatis akan terlihat lebih leluasa dan nyaman. Pastikan bahwa tanaman terawat dengan baik dan tidak ada sampah yang berserakan di depan rumah. Walaupun kamu sudah menata taman depan rumah, usahamu tentu akan sia-sia jika tidak rutin membersihkannya

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler