fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Mengatasi Kulit yang Gatal

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Masalah kulit gatal ini memang terdengar cukup sepele tapi rasa yang dihasilakn pada kulit sangat mengganggu. Rasa gatal ini biasanya tidak hanya meningkatkan keinginan untuk menggaruk kulit tetapi juga rasa gatal dapat menciptakan rasa panas yang tidak tertahankan. Kalau Anda sedang mengalami masalah kulit gatal, tidak perlu panik dan menggaruk kulit. Karena hal itu akan membuat luka yang membekas. Nah, Anda bisa atasi kulit gatal dengan melakukan beberapa hal mudah ini.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Kulit gatal yang Anda rasakan bisa saja disebabkan oleh kuman atau bakteri yang menempel pada kulit. Anda bisa mandi dengan air hangat untuk mengurangi rasa gatal secara perlahan. Hal ini dikarenakan air hangat tidak hanya sekedar membersihkan tubuh dari debu dan kotoran tetapi juga dari kuman dan bakteri.

  1. Kompres Area Gatal dengan Es Batu
Berita Lainnya  Tidak Hanya Beri Keuntungan, Ternyata Teknologi Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Kalau Anda merasa area gatal yang Anda rasakan sedikit panas, Anda bisa mengatasinya dengan cara ini. Kompres area gatal menggunakan es batu agar rasa gatal menjadi lebih berkurang.

  1. Hindari Barang yang Menyebabkan Gatal

Anda harus mengindentifikasi penyebab rasa gatal yang Anda alami. Bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, terdapat beberapa benda yang dapat menyebabkan rasa gatal tersebut seperti benda yang berbulu, selimut lama tidak dicuci, bahan baju kasar, dan yang lainnya ini wajib Anda singkirkan.

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Jika kulit gatalmu disebabkan karena bahan pakaian, maka gunakan pakaian dengan bahan yang nyaman dan lembut. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan karena hanya membutuhkan ketelitian dalam memilih bahan pakaian yang akan digunakan.

  1. Selalu Gunakan Pelembap
Berita Lainnya  Enam Langkah Efektif Meningkatkan Massa Otot

Rasa gatal pada kulit juga bisa disebabkan oleh kulit yang kering. Maka dari itu, penting untuk menjaga kulit tetap lembap dengan menggunakan pelembap yang dapat membantu kulit tetap lembap sehingga bebas dari rasa gatal.

  1. Jaga Suhu Tubuh

Salah satu penyebab kulit gatal adalah adanya ruam pada kulit yang disebabkan oleh jamur pada kulit. Hal ini terjadi karena suhu tubuhmu hangat atau berada di tempat lembap. Menjaga suhu tubuh adalah salah satu cara mengatasi kulit gatal yang dapat Anda lakukan. Jika rasa gatal karena jamur masih mengganggu, Anda bisa gunakan krim anti jamur.

  1. Gunakan Oatmeal

Anda bisa menggunakan bahan oatmeal sebagai masker pada kulit wajah atau kulit tubuh untuk dapat menyerap rasa gatal yang disebabkan kuman, bakteri, atau jamur yang menjadi penyebab utama kulit gatal.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler