fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Daging Bebek bagi Kesehatan Tubuh

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Berkat kandungan daging bebek yang kaya akan nutrisi bagi tubuh, terutama kandungan protein daging bebek memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat daging bebek untuk kesehatan.

Meningkatkan Asupan Protein

Mengonsumsi daging bebek dapat membantu meningkatkan asupan protein, terutama selama kehamilan. Daging bebek mengandung banyak protein, termasuk semua jenis asam amino yang diperlukan untuk membantu mendapatkan makanan bergizi seimbang. Setiap 70 gram daging bebek terkandung sekitar 18 gram protein. Asupan protein yang baik selama kehamilan membantu calon ibu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit, menjaga kesehatan kulit, menjaga jaringan sehat, dan kesehatan bayi dalam kandungan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging bebek adalah sumber selenium yang baik yang merupakan antioksidan penting untuk membantu mencegah kerusakan sel dan melawan peradangan. Kedua manfaat daging bebek ini yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sementara unsur zinc yang terkandung dalam daging bebek dapat menekankan dan memberi kekuatan pada sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat dapat melawan beberapa penyakit. Ini juga membantu dan mempercepat penyembuhan luka.

Menjaga Kesehatan Tiroid

Mengonsumsi selenium dalam jumlah yang cukup juga penting untuk kesehatan tiroid. Sekitar tiga porsi daging bebek mengandung lebih 50% dari nilai angka kecukupan gizi harian untuk selenium. Selenium berperan aktif dalam mengatur beberapa fungsi enzimatik dalam tubuh, terutama selama kehamilan. Mineral tersebut dapat mendukung fungsi tiroid sehingga mencegah risiko masalah tiroid selama kehamilan.

Meningkatkan Kepadatan dan Kekuatan Tulang

Beberapa penelitian yang dilansir dari laman Verywell Fit menunjukkan bahwa manfaat daging bebek dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, asalkan didukung dengan asupan kalsium yang mencukupi. Kandungan daging bebek memiliki kalsium dan fosfor dalam jumlah tinggi. Manfaat fosfor dapat menjaga kesehatan gigi, sedangkan kalsium adalah elemen penting dari pembentukan tulang yang kuat dan menjaga kesehatan tulang. Manfaat lain dari kalsium juga dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sama seperti halnya ikan berminyak yang dianggap sebagai sumber utama asam lemak omega-3, daging bebek juga mengandung asam-asam yang menyehatkan jantung. Mengonsumsi daging bebek atau daging lainnya yang tinggi lemak jenuh juga memiliki potensi bagi kesehatan terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, daging bebek juga dilengkapi zat besi sebanyak dari daging merah lainnya, bahkan jauh lebih banyak daripada yang terkandung dalam ayam.

Meningkatkan Sistem Saraf

Manfaat daging bebek bisa membantu meningkatkan sistem saraf selama kehamilan. Ini berkat daging bebek yang memiliki banyak vitamin B5 dan vitamin B12. Satu porsi daging bebek saja mengandung 1,6 miligram vitamin B5 yang memenuhi 32% dari nilai asupan harian vitamin ini. Sementara kandungan vitamin B12 dalam satu porsi daging bebek memiliki 0,4 miligram yang memenuhi 12% dari nilai asupan harian yang disarankan. Manfaat vitamin B5 dapat membantu menghasilkan bahan kimia yang berperan penting dalam persinyalan saraf, sedangkan vitamin B12 membantu mencegah kerusakan saraf selama kehamilan serta mencegah risiko cacat lahir pada bayi yang belum lahir.

Meningkatkan Jumlah Hemoglobin

Tubuh manusia membutuhkan banyak hemoglobin atau sel darah merah selama kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Nah, kandungan daging bebek kaya akan zat besi yang dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin. Jadi, manfaat makan daging bebek selama kehamilan bisa membantu Bunda meningkatkan jumlah sel darah merah dan mencegah risiko anemia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler