fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Manfaat Mengkonsumsi Sawi Putih

Diterbitkan

pada

Jogja,(pidjar.com)–Sawi putih yang juga masuk ke dalam kelompok kubis. Tampilan dari sayuran ini adalah batang berwarna putih serta daun berwarna hijau muda atau hijau tua dengan ukuran bervariasi. Selain enak dan mudah dimasak, berikut adalah manfaat serta khasiat dari sawi putih untuk kesehatan dilansir dari hellosehat.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan mineral seperti kalium dikenal mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Ada pula kandungan lainnya pada sawi putih seperti vitamin C, folat, serta vitamin B2 yang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Perlu pula diketahui apabila risiko penyakit jantung bisa meningkat ketika Anda kurang asupan kalium. Lalu, manfaat lainnya dari vitamin B serta folat adalah mencegah penumpukan homosistein (asam amino alami). Homosistein dalam jumlah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan memicu gangguan jantung.

Menjaga Tubuh Dari Inflamasi

Hampir sama dengan buah yang berwarna cerah dan sayuran hijau, sawi putih juga mempunyai kandungan antioksidan. Kandungan ini pada sawi putih mempunyai manfaat atau khasiat untuk membantu tubuh melawan inflamasi (peradangan) sekaligus kerusakan sel. Apalagi, kalau Anda memilih sawi putih dengan warna daun yang agak gelap karena merupakan sumber flavonoid yang baik untuk tubuh. Ada pula senyawa kolin pada sawi putih yang mempunyai khasiat untuk mempertahankan sel, membantu menyerap lemak, serta mengurangi peradangan kronis.

Berita Lainnya  Resep Pudding Lumut

Menjaga Kesehatan Dan Kekuatan Tulang

Selama ini mungkin sebagian dari Anda hanya mengetahui bahwa jenis mineral seperti kalsium saja yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Pada sawi putih, ada pula kandungan lainnya seperti zat besi, fosfor, zinc, dan vitamin K untuk memelihara struktur serta kekuatan tulang. Tidak hanya itu saja, vitamin K juga mempunyai manfaat atau khasiat untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang. Maka dari itu, vitamin K juga mempunyai khasiat untuk membantu mengurangi risiko patah tulang.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Ada beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam sawi putih atau bok choy. Jenis mineral tersebut adalah kalium, kalsium, serta magnesium. Kandungan mineral ini menjadikan sawi putih mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Selain itu, Anda yang mengalami hipertensi juga perlu meningkatkan asupan kalium apabila asupan natrium tergolong tinggi. Kalium juga mempunyai manfaat lainnya, yaitu membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Berita Lainnya  Lima Makanan yang Dapat Memicu Radang

Sembelit adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ketika tubuh kekurangan asupan serat serta cairan. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan kedua kandungan tersebut untuk membantu mencegah gangguan pencernaan yang berujung pada sembelit. Jangan lupa untuk meningkatkan pula asupan cairan karena serat bersifat menyerap air.

Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Penderita diabetes tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan termasuk sayuran dan buah. Maka dari itu, Anda bisa menjadikan sawi putih sebagai pilihan karena termasuk dalam jenis sayuran tanpa tepung. Sawi putih atau pak choi ini mempunyai pengaruh yang tergolong rendah terhadap gula darah. Pada 1 cup sawi putih, kandungan glikemiknya adalah 1. Selain itu, vitamin C, zinc, vitamin B1, dan mineral merupakan kandungan lain dalam sawi putih yang juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Berita Lainnya  Lima Pekerjaan Sampingan untuk Menambah Penghasilan

Mencegah Anemia

Anda memerlukan asupan zat besi karena merupakan senyawa penting dalam hemoglobin. Agar nutrisi tercukup, Anda juga bisa mengonsumsi sawi putih karena mempunyai kandungan zat besi. Lalu, manfaat lainnya dari sawi putih juga untuk mencegah terjadinya anemia sehingga hemoglobin dalam tubuh pun tercukupi. Jika kekurangan zat besi, maka yang bisa terjadi adalah oksigen dalam darah tidak sampai ke seluruh tubuh. Perlu diketahui pula bahwa setiap sel dalam tubuh pun membutuhkan zat besi.

Menjaga Hidrasi Tubuh

Sawi putih juga mempunyai kandungan air yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi salah satu asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, Anda menjadi tidak mudah lelah dan tubuh juga dapat melakukan aktivitas secara maksimal.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler