fbpx
Connect with us

Info Ringan

Mengenal Sembilan Jenis Anemia

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Saat tubuh terlalu sedikit memproduksi sel darah atau sel tidak berfungsi dengan baik, maka sel darah merah akan rusak karena perkembangan sel yang abnormal, kurangnya mineral dan vitamin. Kondisi yang berhubungan dengan penyakit anemia, di antaranya.

Anemia Sel Sabit

Adalah kelainan bawaan yang sering terjadi. Sel darah merah menjadi bulan sabit karena adanya cacat genetik. Sel darah merah membelah diri dengan cepat, sehingga oksigen tidak sampai ke organ tubuh yang pada akhirnya menyebabkan anemia. Sel-sel darah merah berbentuk bulan sabit juga bisa terjebak dalam pembuluh darah kecil sehingga menyebabkan penyumbatan, dan berakhir dengan rasa nyeri hebat pada organ yang tidak dialiri darah.

Anemia Defisiensi Besi

Anemia defisiensi besi terjadi karena kurangnya zat besi mineral dalam tubuh. Sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang mengangkut oksigen ke organ-organ tubuh. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup hemoglobin untuk sel darah merah. Hasilnya adalah anemia kekurangan zat besi.

Berita Lainnya  Pamor Anthurium Meredup, Komunitas Gaet Peminat Dengan Pameran Dan Kontes

Anemia pada Ibu Hamil

Jika Anda sedang hamil, tubuh akan berisiko mengalami peningkatan risiko kekurangan zat besi, karena Anda harus membantu peningkatan volume darah serta menjadi sumber hemoglobin untuk bayi Anda agar dapat tumbuh.

Anemia Defisiensi Vitamin

Adalah kekurangan sel darah merah sehat yang disebabkan ketika tubuh memiliki jumlah vitamin tertentu yang lebih rendah dari normal. Vitamin yang dikaitkan dengan anemia defisiensi vitamin, di antaranya; folat, vitamin B-12 dan vitamin C.

Thalasemia

Adalah kelainan darah bawaan yang ditandai dengan kekurangan hemoglobin dan lebih sedikit sel darah merah dalam tubuh dari biasanya. Hemoglobin adalah zat dalam sel darah merah yang memungkinkannya membawa oksigen. Hemoglobin yang rendah dan kekurangan sel darah merah thalasemia dapat menyebabkan anemia, membuat rasa lelah.

Berita Lainnya  Lima Penyebab Jerawat Di Pipi

Anemia Aplastik

Anemia akibat penyakit sumsum tulang. Beberapa penyakit seperti leukemia atau myelofibrosis  dapat mengganggu produksi sel darah merah di sumsum tulang dan menimbulkan anemia. Gejala anemia jenis ini bervariasi, dari ringan hingga berbahaya.

Anemia Hemolitik

Anemia hemolitik terjadi pada saat sel darah merah dihancurkan oleh tubuh lebih cepat dibanding waktu produksinya. Beberapa penyakit dapat mengganggu proses dan kecepatan penghancuran sel darah merah. Anemia hemolitik dapat diturunkan secara genetik atau bisa juga didapat setelah lahir.

Anemia Pernisiosa

Adanya masalah di perut atau usus yang menyebabkan penyerapan vitamin B12 yang buruk. Kondisi ini dapat menyebabkan anemia akibat kekurangan vitamin B12 yang dikenal sebagai anemia pernisiosa.

Anemia Peradangan

Penyakit tertentu seperti kanker, HIV/AIDS, rheumatoid arthritis, penyakit ginjal, penyakit Crohn dan penyakit radang akut atau kronis lainnya dapat menghambat produksi sel darah merah, yang dapat menyebabkan anemia.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler