fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Penting dalam Investasi Tanah

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan, salah satunya adalah dengan berinvestasi. Dari sekian banyak jenis investasi yang ada, Anda bisa melakukan investasi tanah karena dipercaya bisa memberikan keuntungan yang besar. Akan tetapi, Anda jangan asal-asalan saat ingin melakukan investasi tanah sebab ada banyak pertimbangan yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari kerugian. Untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh, berikut tips apa saja yang perlu dilakukan dan diperhatikan saat ingin memulai investasi tanah. Simak ulasan di bawah ini sampai habis, ya!

Pemilihan Lokasi Tanah

Sebelum investasi tanah, pastikan Anda memilih lokasi yang bagus. Dalam artian, pilihlah lokasi yang sekiranya berpotensi mengalami kenaikan harga tinggi seperti di area bisnis, kawasan industri, ataupun area pemukiman. Selain itu, lokasi investasi tanah yang sedang mengalami pengembangan, seperti adanya rencana proyek pembangunan pemerintah juga memiliki prospek yang bagus sehingga bisa Anda pertimbangkan.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Kacang Hijau

Perhatikan Kondisi Tanah

Saat investasi tanah, Anda pun harus memperhatikan kelayakan tanah yang akan Anda beli. Silakan pertimbangkan bentuk, ukuran, kepadatan, kerataan, dan arah tanah yang akan Anda jadikan investasi tanah sehingga lebih memudahkan proses pembangunan yang akan dilakukan di masa mendatang. Pertimbangan kondisi tanah untuk melakukan investasi tanah ini pun dapat menghindari adanya pengurukan yang tentunya akan memakan biaya lebih tinggi.

Pertimbangkan Kenyamanan Lokasi Investasi Tanah

Sebelum Anda melakukan investasi tanah, Anda pun harus memperhatikan kemungkinan bencana yang terjadi di lingkungan tersebut, misalnya tanah longsor, banjir, dan lain sebagainya. Jangan lupa, lakukan komunikasi dengan notaris ataupun warga yang berada di sekitar lokasi tanah untuk mengetahui berbagai hal yang mungkin saja dapat memberikan ketidaknyamanan, seperti adanya limbah pembuangan sampah, area makam, gangguan preman, atau suasana yang angker di sekitar lokasi yang akan Anda jadikan investasi tanah.

Berita Lainnya  Enam Bahan Alami Pencerah Kulit Ketiak

Kelengkapan Surat dan Legalitas Investasi Tanah

Saat Anda ingin melakukan investasi tanah, Anda pun wajib memperhatikan legalitas dan kelengkapan surat ataupun sertifikat atas tanah tersebut. Anda bisa melakukan validasi melalui notaris ataupun pejabat agar tanah yang Anda beli untuk investasi tanah tidak menimbulkan masalah di masa depan. Hal ini tentunya bertujuan untuk meminimalisir adanya kerugian akibat pembelian tanah sengketa, tanah wakaf, ataupun tanah yang terkena penggusuran karena terletak di lokasi yang akan dijadikan pembangunan oleh pemerintah.

Biaya Keseluruhan Pembelian Tanah

Ketika Anda melakukan investasi tanah, tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya pembelian yang dihitung berdasarkan lokasi dan luas tanah. Namun, tak hanya itu saja sebab Anda pun harus menghitung anggaran keseluruhan seperti biaya administrasi untuk pengurusan melalui Pejabat Pembuat Akta Tanah  atau PPAT, yakni sebesar 1% dari harga transaksi tanah. Anda bisa mencari PPAT yang dekat dengan lokasi tanah yang akan Anda beli. Pastikan juga bahwa pihak pejabat tersebut melakukan pengecekan langsung sehingga dapat meminimalisir adanya masalah di kemudian hari.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Buah Cherry

Perhatikan Akses Jalannya

Saat melakukan investasi tanah, sebaiknya Anda memilih tanah pada lokasi yang mudah dilalui oleh kendaraan, khususnya mobil agar memberikan nilai tambah. Adanya akses jalan yang prima akan memudahkan Anda sebagai pemilik untuk keluar masuk serta dapat menunjang kegiatan bisnis karena dapat memudahkan proses distribusi barang. Selain itu, akses jalan yang baik tersebut juga akan mempermudahkan proses pembangunan rumah atau bangunan lainnya di kemudian hari. Perlu diperhatikan, akses jalan yang buruk akan menghambat proses pengembangan dan sulit untuk digunakan sebagai area bisnis sehingga sebaiknya Anda hindari untuk melakukan investasi tanah di lokasi tersebut.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler